Cegah Kerumunan, Pemkot Depok Larang Nonton Bareng Final Sepakbola

Surat larangan Walikota Depok untuk nonton bareng (istimewa)
Surat larangan Walikota Depok untuk nonton bareng (istimewa)

DEPOK – Lewat Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata atau Disporyata Kota Depok, Wali Kota Depok Mohammad Idris resmi melarang kegiatan nonton bareng pertandingan sepakbola Final Copa Italia 2021 dan Final Euro 2020 pada Minggu 11 Juli 2021 dan Senin 12 Juli 2021.

Kegiatan nonton bareng biasanya banyak dilakukan ketika event olahraga besar. Namun, saat itu kegiatan tersebut dilarang untuk menghindari pandemi COVID-19 semakin mengganas.

Larangan ini diambil berdasarkan keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/ 280/ Kota/ Dinkes/ Huk/ 2021, Tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019.

Kepala Disporyata Kota Depok Wijayanto menyebutkan, pada prinsipnya larangan ini merupakan bentuk imbauan sebagai antisipasi yang dilakukan Pemkot Depok. “Prinsipnya kita mengingatkan masyarakat untuk disiplin prokes dan PPKM tidak berkumpul atau berkerumun,” jelas dia.

Baca juga:[Update] Data BOR Rumah Sakit di Kota Depok, Sabtu 10 Juli 2021

Dia menyebutkan, pada implementasinya, larangan nonton bareng ini akan diawasi oleh tiap satgas di kecamatan. Dimana, dia berharap betul jika masyarakat bisa dengan sukarela ikut andil mengawasi.

“Pengawasan oleh kecamatan atau timwas kecamatan dan seluruh warga dengan kesadaran sendiri,” harap dia.

Sebagai informasi, pada PPKM Darurat ini seluruh kegiatan non esensial yang dapat menimbulkan kerumunan dilarang. Saat ini ada sejumlah daerah yang diwajibkan menerapkan PPKM Darurat, termasuk Kota Depok yang zona penyebaran COVID-19 masukan dalam resiko tinggi atau zona merah. (lala/*)