Catatan Kriminal Lamek Taplo, Komando KKB Papua yang Tembak TNI dan Bakar Fasilitas Umum

Sosok Lamek Taplo (Foton: Istimewa)
Sosok Lamek Taplo (Foton: Istimewa)

DepokToday – Sejumlah fasilitas umum dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua pada Senin 13 September 2021. Dibalik itu, ada sosok Lamek Taplo pimpinan dari KKB Ngalum Gupel di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua yang disebut bertanggung jawab atas pembakaran tersebut.

Namanya mungkin tidak sebeken dari KKB lainnya, sebut saja Egianus Kogoya atau Goliath Tabuni. Tapi, sejumlah catatan hitam dari sosok pria bernama lengkap Lamek Alipky Taplo itu harus diwaspadai.

Melansir dari Kompas.com, berikut ini catatan hitam yang ditorehkan salah seorang pimpin KKB Papua itu. Lamek Taplo bertanggung jawab terhadap penembakan helikopter M 17 milik TNI hingga jatuh di daerah Pegunungan Papua pada Febuari 2020 lalu.

Di tahun yang sama, Lamek Taplo kembali berulah dengan menembak tiga prajurit TNI di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa 20 Oktober 2020.

Terakhir, kelompok pimpinannya melakukan kontak senjata dengan TNI hingga satu orang aparat tertembak pada Senin 13 September 2021, kemarin.

Baca Juga: Tinjau Perbaikan Jembatan GDC, IBH Targetkan Rampung Lebih Cepat

Selain itu, kelompok Lamek Taplo juga membakar sejumlah fasilitas umum, seperti Puskesmas, pasar, bank, hingga sekolah di Distrik Kiwirok.

Sebelumnya, seolah makin beringas, KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) Papua kembali kontak senjata dengan TNI dan Kepolisian pada Senin 13 September 2021.

Tidak hanya kotak senjata, KKB Papua juga makin berani untuk membakar sejumlah fasilitas umum. Pada kontak sejata ini juga menyebabkan satu personel TNI dari Satgas Pamtas Yonif 403/WP terluka. Baca Selengkapnya Berita Ini: Makin Beringas, KKB Papua Bakar Puskesmas, Sekolah hingga Bank. (lala/*)