Catatan Hitam Kejahatan Anak di Depok, Kini Bayi Dibuang di Bojongsari

Bayi dibuang dekat kolam renang Tirta Maya, Bojongsari. (DepokToday.com)
Bayi dibuang dekat kolam renang Tirta Maya, Bojongsari. (DepokToday.com)

DepokToday- Sesosok bayi mungil berjenis kelamin laki-laki ditemukan di dalam kardus mie instan, di semak-semak area kolam renang Tirta Maya, Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Depok.

Peristiwa ini sontak membuat heboh warga sekitar. Data yang dihimpun menyebutkan, peristiwa itu bermula ketika salah seorang warga yang hendak pergi bekerja mendengar suara aneh dari arah semak-semak tersebut, sekira pukul 13:00 WIB, pada Jumat 6 Agustus 2021.

“Kemudian oleh saksi dihampiri, ternyata sumber suara dari dalam kardus mie instan. Pas dibuka menggunkn kayu ternyata isinya seorang bayi laki-laki,” kata Wakil Kepala Polsek Sawangan, AKP Ahmadi saat dikonfirmasi pada Sabtu, 7 Agustus 2021.

Saat ditemukan, bayi mungil tersebut dalam kondisi masih basah, tanpa busana dan ada tali pusar. Diperkirakan, bayi malang itu baru berusia satu hari. Lokasi temuan di sekitar area kolam renang Tirta Maya, Bojongsari.

“Saat ditemukan bayi itu tanpa busana dikerumuni semut merah,” katanya.

Ciri-ciri Bayi yang Dibuang di Bojongsari

Saksi yang panik kemudian melaporkan kasus itu ke polisi. Oleh petugas, bayi tak berdosa ini kemudian dibawa ke puskesmas untuk selanjutnya menjalani perawatan di RSUD Kota Depok.

Baca Juga: Depok Raih Predikat Nindya Kota Layak Anak, Netizen: 77 Persen Nggak Percaya

Adapun kondisi bayi itu, memiliki berat 2,6 kilogram, panjang badan 48 cm, lingkar kepala 33 cm, dan lingkar perut 34 cm. Kasusnya dalam penyelidikan Polsek Sawangan.

Catatan Kelam Bayi Dibuang di Depok

Kasus pembuangan bayi bukan kali ini saja terjadi di Kota Depok. Sebelumnya, jasad bayi tak berdosa sempat di temukan di tempat sampah Rumah Sakit Bunda Aliyah, Depok, pada Rabu, 9 Juni 2021.

Dari hasil penyelidikan polisi diketahui, pelaku tak lain adalah ibu bayi itu sendiri. Pelaku berinisial AM telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus ini.

Geger temuan mayat bayi di tumpukan sampah. (DepokToday.com)
Geger temuan mayat bayi di tumpukan sampah. (DepokToday.com)

Mundur beberapa hari, kasus serupa juga terjadi di kawasan Beji, Depok.

Jasad bayi tak berdosa itu ditemukan di tumpukan sampah, kolong fly over Jalan Juanda, Kota Depok, pada Senin, 5 April 2021. Kejadian ini menambah daftar kelam kasus kejahatan anak di kota tersebut.

Kemudian, kasus yang tak jauh berbeda juga terjadi di wilayah Kecamatan Cilodong pada Rabu pagi, 24 Februari 2021.

Modusnya pun sama, bayi itu dibuang di tempat sampah dan ditemukan oleh petugas kebersihan.

Hingga kini, sederet kasus itu masih dalam penyelidikan Polres Metro Depok, sedangkan jasad bayi telah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati, guna dilakukan otopsi.  (rul/*)