Cara Mudah Ketahui Jantung Bermasalah, Ini Solusi Tanpa Ribet

Ilustrasi jantung manusia (Foto: Istimewa)
Ilustrasi jantung manusia (Foto: Istimewa)

DepokToday- Di zaman modern seperti sekarang ini, penyakit-penyakit berat sudah menjadi langganan banyak orang. Bahkan badan kesehatan dunia atau WHO menyebut, 80 persen kematian di seluruh dunia disebabkan penyakit jantung dan kanker.

Lantas bagaimana mencegah dua penyakit berbahaya tersebut? Pendakwah yang dikenal sebagai dokter dengan ramuan herbal, dr. Zaidul Akbar menegaskan, penyakit jantung maupun kanker dapat dicegah dengan cara yang cukup mudah.

Baca Juga: Maharaja 48, Band Asal Depok yang Siap Getarkan Jalur Gaza Palestina

Bahkan, kata dia, untuk mengetahui jantung seseorang bermasalah atau tidak, dapat dilihat dari karang yang ada di giginya.

“Waktu saya pernah belajar, guru saya bilang kalau kamu mau lihat sehatnya jantung seseorang lihat karang giginya. Kalau banyak berarti jantungnya banyak masalah,” jelasnya.

Menurut dr. Zaidul Akbar, karang gigi menandakan zat asam pada tubuh seseorang.

“Kalau semakin banyak (karangnya) menandakan tubuhnya terlalu asam. Dibersihin ya bisa, tapi kalau nggak ngerubah cara makannya tetap akan bermasalah,” katanya.

Cara Mengobati Jantung

Ia mengungkapkan, konsep sehat dalam Islam, adalah bahwa yang halal itu jelas, yang haram pun sudah jelas. Bahkan dalam salah satu hadist disebutkan, ketahuilah dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging.

Kalau daging ini baik, maka baik semua. Kalau daging itu rusak maka rusak semua.

“Yang dimaksud di sini adalah kalbu, maka konsep sehat itu bermula dari sehatnya jantung.”

Baca Juga: Bumbu Dapur Ini Bikin Penyakit Kronis Hilang, Catat Resep Zaidul Akbar

Selain karang gigi, cara mudah memeriksa sehatnya jantung adalah dari pola tidur.

“Lihat waktu tidurnya. Kalau waktu tidurnya nggak beres maka ada yang nggak beres dengan jantungnya. Kemudian lihat buang air besarnya, dan apakah jantungnya berdebar-debar,” tuturnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Liver, dr Zaidul Akbar: Ada di Al Quran

Lebih lanjut dr. Zaidul Akbar menjelaskan, jantung bisa bermasalah secara fisik karena produk makanan, dan minyak-minyakan. Dan yang paling membahayakan adalah jika minyak sudah mengalami oksidasi tingkat tinggi, yang warnanya hitam.

“Itu bikin masalah sebenarnya. Solusinya ganti saja minyaknya yang bermanfaat buat jantung, tapi kandungannya beda. Minyak-minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh. Contohnya, minyak biji anggur, minyak zaitun,” jelasnya.

“Nah kalau minyak-minyak tadi dikonsumi jantung anda akan bersih, tapi tentu harus rutin,” sambungnya. (rul/*)