Buser Cimanggis Ringkus Pelaku Rumsong Hingga ke Wonosobo

Ilustrasi perampokan (Istimewa)

TAPOS– Tim Buru Sergap (Buser) Polsek Cimanggis berhasil meringkus pelaku pencurian dengan modus rumah kosong, alias rumsong. Seakan tak ingin aksinya sia-sia, pelaku pun tega menggasak sejumlah barang, meski hanya alat perlengkapan dapur.

Adalah Aldi Mansyur (19 tahun), pelaku yang kini hanya bisa tertunduk lemas saat digelandang ke Mapolsek Cimanggis, Depok pada Kamis sore, 12 Maret 2020. Ia diringkus di tempat persembunyiannya, di Desa Kepil, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Kepala Satuan Reskrim Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Deddy Kurniawan mengatakan, pelaku melancarkan aksinya di salah satu rumah kontrakan di Jalan Gas Alam, Gang Demlon, Kampung Ciherang, Kecamatan Cimanggis, Depok pada Rabu malam, 4 Maret 2020.

Saat itu, pemilik rumah sedang tidak ada di tempat. Alhasil, remaja ini pun dapat dengan leluasa melancarkan aksinya sekira pukul 23:30 WIB.

“Jadi pada saat terjadi pencurian rumah kontrakan dalam keadaan kosong di tinggal pemilikya. Dan pada saat pemiliknya pulang, rumah kontrakan itu sudah dalam kondisi berantakan,” kata Deddy

Pelaku masuk ke dalam dengan cara mencongkel pintu menggunakan obeng. “Pelaku ini sempat mengambil barang berupa alat-alat dapur, seperti teplon, panci, wajan, dan kipas angin. Yang bersangkutan juga membawa lari uang tunai Rp 1,5 juta, yang berada di kamar korban,” ujarnya

Kasus ini akhirnya terungkap setelah polisi berhasil melacak jejak persembunyian pelaku yang ternyata kabur hingga ke Wonosobo. Akibat perbuatannya itu, Aldi (pelaku) dijerat dengan pasal 363 dengan ancaman diatas lima tahun penjara. Kasusnya ditangani Polsek Cimanggis. (rul/*)