Bunga Bangkai di Citayam Bikin Kepo Warga

BOPONTER-Bunga bangkai suweg tumbuh di pekarangan kosong di Kampung Pos Citayam RT 02/RW 12, Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat.

Tumbuhnya bunga dengan nama ilmiah Amorphophallus paeniifolius ini, membuat warga kepo (pingin tau-red). Tidak hanya warga setempat, warga dari RT sebelah pun banyak yang datang untuk melihat bunga dengan nama lokal suweg atau ileus itu.

Beberapa warga bahkan mengabadikan bunga bangkai tersebut dengan memfotonya. Hasil foto bunga unik itu ada juga yang diupload warga di akun media sosial facebook.

“Bunga,,bangke di Citayam tepatnya di RT 02 RW 12 rumah pak rohimin dan bu rani,,” tulis Sariyah pada akun facebooknya, Minggu (20/10/2019) pukul 17:30 WIB.

Selain Sariyah, warga lainnya, Eni, juga ikut menginfokan bahwa ada bunga bangkai di Citayam. “Panas2 iseng lihat bunga bangkai…norak dikit ahhh,” tulis Eni di laman facebooknya, Senin (21/10/2019) pukul 14:00 WIB.

Bunga bangkai di wilayah Kampung Pos Citayam, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.(Foto: Istimewa)

Dikutip dari bbc.com, Amorphophallus paeniifolius masih satu genus dengan bunga bangkai raksasa, Amorphophallus titanum, yang ditanam di Kebun Raya Bogor. Bedanya, Amorphophallus paeniifolius tidak tergolong tumbuhan langka. Bau busuknya pun tidak sekuat kerabatnya itu.

Amorphophallus adalah tumbuhan asli atau mandiri, yang mengolah makanannya sendiri dan menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi. Namun demikian, ia disebut sebagai tumbuhan primitif.

Bentuk yang dikira orang awam sebagai bunga sebenarnya adalah tanaman utuh. Bunga sebenarnya tersimpan di dalam struktur yang menjulang ke atas atau tongkol.

Sedangkan bagian yang mirip mahkota bunga disebut seludang, yang berfungsi melindungi calon buah jika terjadi pembuahan. Warnanya yang cerah juga menarik serangga penyerbuk.

Adapun bau busuk berfungsi untuk menarik perhatian serangga penyerbuk tertentu. Bunga Amorphophallus mekar pada malam hari sehingga membutuhkan serangga malam yang mampu terbang jauh seperti lebah, ngengat, atau lalat hijau-semuanya tertarik pada bau busuk.(red/bbc.com)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here