Bumbu Dapur Ini Ampuh Mengatasi Sakit Jantung, Lambung Hingga Pikun

Rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap atau bumbu dapur (Foto: Istimewa)
Rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap atau bumbu dapur (Foto: Istimewa)

DepokToday- Sejak zaman dahulu, Indonesia terkenal dengan berbagai rempah-rempah. Selain dapat digunakan sebagai penyedap masakan, tanaman yang umumnya biasa tersedia sebagai bumbu di dapur ini juga dipercaya sebagai ramuan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

“Rempah-rempah begini (ketumbar, jahe, pandan dan lain-lain) bukan sekedar bumbu pelengkap di dapur, tapi mereka juga punya fungsi luar biasa,” kata pendakwah sekaligus dokter yang terkenal dengan ramuan herbal dan jurus sehat ala Rasulullah, dr. Zaidul Akbar dikutip dari akun YouTube-nya pada Sabtu 13 November 2021.

Baca Juga: Zaidul Akbar Sarankan Jangan Makan Ini: Cepat Tua dan Berpenyakit

Salah satunya, yang disinggung Zaidul Akbar adalah ketumbar. Ya, bumbu dapur yang biasa ada di rumah ini ternyata dipercaya ampuh untuk mengatasi persoalan jantung dan meningkatkan stamina kesehatan seseorang.

“Minum ketumbar saja setiap hari itu masyaAllah efeknya buat jantung luar biasa. Jadi kita nggak mesti ngeteh pakai teh sachet, coba pakai rempah-rempah juga bisa,” jelasnya.

Adapun cara pengunaannya, kata dr. Zaidul Akbar, adalah dengan mencemplungkan ketumbar, dicampur kapulaga kemudian kasih madu sedikit atau gula merah.

“Itu sangat baik buat kesehtan kita dibandingkan kita minum-minuman instan.”

Baca Juga: Bikin Gampang Kena Penyakit Kronis, Hindari Pola Makan Seperti Ini

Kemudian, lanjut dr. Zaidul Akbar, termasuk juga kalau malam mau tidur bikin ramuan, yang terdiri dari pandan dicampur jahe.

“Itu coba dikonsumsi sebelum tidur. Caranya ambil air dispenser atau air termos, terus cemplungin (jahe dan pandan). Kalau nggak ada madu nggak usah, biasakan dengan rasa aslinya mereka,” tuturnya.

“Saran saya jangan pakai gula pasir. Saran saya biarin pakai manis beneran, ya makan buah. Atau kalau mau pakai madu, gula kelapa, sehingga tubuh kita kembali ke setingan awalnya,” kata dia.

Baca Juga: Teriak Kafir, Pria Ini Ngamuk Serang Mobil PLN dan Warga Depok

Jika tubuh sudah kembali ke setingan awal, maka menurut dr. Zaidul Akbar sistem tubuh ini akan kembali kepada keseimbangannya.

“Lambungnya bener lagi, jantungnya kuat lagi, karena memang tubuh kita di disain Allah SWT agar bisa memperbaiki dirinya sendiri asal diberi bahan baku yang tepat,” katanya.

Bumbu Dapur dan Penangkal Pikun

Adapun bahan baku yang dimaksud dr. Zaidul Akbar adalah rempah-rempah tersebut.

“Maka saya sangat bersyukur, bahagia dan bangga banget kita punya begini rupa di negeri ini. Penelitian tentang ini banyak, bahkan terlalu banyak,” ujarnya.

Baca Juga: Garong Satroni Tiga Sekolah di Tapos, Satu Penjaga Luka Parah

Zaidul Akbar menambahkan, kunyit ini adalah salah satu bumbu dapur yang punya rahasia untuk mencegah pikun.

“Dalam kunyit ini dia punya bahan yang bersifat anti aging, anti penuaan anti demensia. Tapi anti demensia dalam Islam, anti pikun sebenarnya dalam Islam bukanlah makan kunyit, tapi membaca Al Quran. Itu anti pikun yang benar.” (rul/*)