Bulan Depan Sampah Depok Bisa Dibuang ke Nambo

BALAIKOTA-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memastikan mulai bulan depan (November) sampah warga Depok sudah bisa dibuang ke Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo, Kabupaten Bogor.

Pengalihan pembuangan sampah dari Depok ke Kabupaten Bogor itu mengingat Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok, sudah overload.

Wali Kota Depok, M. Idris, mengatakan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah setuju dengan rencana tersebut. Hanya saja, kata dia, tinggal menunggu lampu hijau dari Bupati Bogor, Ade Yasin.

“Sudah, sudah insyaAlloh bisa tahun ini. Gubernur sudah setuju tinggal persetujuan ibu bupati. Kita mau bulan ini tapi mundur November karena masalah administrasi,” ujar Idris disela acara Hari Santri Nasional 2019 di Balaikota Depok, Jalan Margonda, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Selasa (22/10/2019).

Dijelaskan Idris, tertundanya pembuangan sampah ke Nambo karena permasalahan komunikasi. Kata dia, tanah seluas 15 hektare milik Kabupaten Bogor tidak dimasukkan dalam Memorandum of Understanding (MOU) kompensasi kepada daerah.

“Ini (tanah 15 hektare) yang diminta oleh bupati Bogor agar bisa (dimasukkan MOU). Dimanfaatkan untuk masyarakat, untuk warga, itu yang sedang didalami,” jelasnya.(idr)