Bukan Suplemen, 6 Cara Ini Dipercaya Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi botak (Foto: Istimewa)

DepokToday – Banyaknya peminat produk suplemen bagi otak membuat produk ini laku di pasaran. Ya, suplemen bagi kesehatan otak dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan kesehatan otak, membantu pikiran fokus, dan meningkatkan memori.

Namun, nyatanya belum ada penelitian yang pasti tentang pengaruh suplemen otak bagi kesehatan salah satu organ manusia itu. Menukil dari Kompas.com, Ahli diet Maxine Smith mengatakan, belum ada data akurat apakah suplemen otak benar-benar berfungsi.

Sejauh ini, hal yang paling bisa meningkatkan kesehatan otak adalah makanan yang bergizi dan gaya hidup sehat.

Cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak bukan dengan mengonsumsi suplemen. Berikut cara mudah meningkatkan fungsi otak:

1.Jaga pola makan

Nutrisi adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi otak Anda. Smith merekomendasikan kita untuk mengonsumsi makanan kaya lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian dan ikan.

“Anda juga perlu mengonsumsi aneka sayur yang kaya akan antioksidan,” ucap Smith.

2.Hindari alkohol

Menurut Smith, terlalu banyak konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif,

3.Rutin olahraga

Smith mengatakan bahwa olahraga teratur memiliki hubungan yang kuat dengan pencegahan masalah kognitif. Cobalah untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas olahraga setiap minggunya.

Baca Juga: Sengketa Menahun, Lahan di Jalan Dewi Sartika Dieksekusi PN

4.Tidur yang cukup

Kurang tidur juga bisa memicu penurunan fungsi kognitif otak Anda. Karena itu, Anda harus tidur yang cukup setiap harinya.

5.Bersosialisasi

Interaksi sosial terkait erat dengan mempertahankan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia. “Cobalah untuk menghabiskan waktu bersama orang lain dan membatasi isolasi.Kapan pun Anda bisa, berbagi makanan dengan teman dan keluarga,” saran Smith.

6.Periksa kesehatan rutin

Masalah kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan kemungkinan penurunan kognitif dan demensia. Untuk menurunkan risiko Anda, pastikan Anda untuk rutin kontrol ke dokter. (lala/*)