Bukan Obat! Ini Cara Mudah Bikin Si Kurus Jadi Gemuk, Dijamin Sehat

Ilustrasi badan kurus ingin gemuk (Foto: Istimewa)
Ilustrasi badan kurus ingin gemuk (Foto: Istimewa)

DepokToday- Meski banyak makan namun badan tetap tidak gemuk adalah salah satu pertanyaan klasik yang sering dilontarkan oleh orang dengan tubuh kurus. Lantas bagaimana cara alami mengatasi persoalan tersebut.

Menurut dokter sekaligus pendakwah, Zaidul Akbar, orang yang makan banyak tapi nggak bikin gemuk masalahnya ada di hormon.

“Ngobatinnya gimana? Perbaiki hormonnya. Kasih dia minyak dan lemak yang baik. Yakni zaitun dan alpukat. Saya sarankan konsumsi sebulan dan kurangi karbo-nya,” kata dokter Zaidul Akbar dalam chanel YouTubenya dikutip DepokToday.com pada Rabu 13 Oktober 2021.

Kemudian, orang dengan badan kurus tadi harus sering latihan beban. “Bukan beban kehidupan ya,” katanya sambil tertawa.

Olahraga yang Baik untuk Si Kurus

Latihan beban yang dimaksud, kata Zaidul Akbar, adalah dengan cara push up, sit up, squat dan lain sebagainya. Semua itu bisa dipraktikan langsung di rumah tanpa alat khusus.

“Bukan pakai barbel ya, tapi push up, sit up, squat dan lain-lain. Itu akan menstimulus growth hormon. Kalau itu muncul dia akan memakan sel-sel yang rusak, Masya Allah kan,” ujarnya.

“Nah gerakan-gerakan itu sebenarnya ada dalam sholat. Sholat adalah gerakan stretching dan rilex yang paling baik. Kalau kita mengikuti sujudnya Nabi, niscaya saya katakan tidak akan ada orang yang susah buang air besar,” timpalnya lagi.

Baca Juga: Daun Bidara, Tanaman Surga untuk Atasi Anak Bandel, Gini Caranya

Menurut dia, sholat kalau dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan benar bisa bikin keringetan dan sangat baik untuk otot tubuh.

“Posisi tangan kita, posisi takbir kita, posisi rukuk kita, posisi sujud kita, itu semua gerakan-gerakan stretching, ada tarik ngendurin,” paparnya.

Namun demikian, dokter Zaidul Akbar mengingatkan bahwa tujuan solat adalah ibadah bukan untuk olahraga atau berharap kesehatan.

“Ingat kita tidak melakukan sholat untuk sehat. Ingat, kita melakukan semua amal ibadah karena perintah dan kewajiban. Sehat itu hanya efek sampingnya saja, itu kata kuncinya jangan keliru,” tutur dia.

Keajaiban Gerakan Sholat

Lebih lanjut Zaidul menerangkan, bahwa dalam gerakan sholat terdapat begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Namun kembali lagi, bukan itu tujuannya. Sebab hakikat ibadah adalah semata-mata mengharap ridho Allah.

“Jadi sehat itu hanya sebuah karunia saja dari Allah.”

Baca Juga: Banyak yang Nggak Sadar, Berikut Ini Gejala Anda Kena Gangguan Kesehatan Mental

Ia mencontohkan, misalnya bicara rukuk. Orang yang melakukan rukuk seperti rukuknya Nabi, maka jika gelas berisi air diletakan di atas punggung, air itu tidak akan tumpah.

“Nah itu akan terjadi tarikan pada daerah betis kemudian paha atas paha bawah sampai tulang belakang hingga sampai ke otak,” katanya.

Kemudian, jika sujudnya benar, maka akan sangat terasa manfaatnya untuk tubuh.

“Kalau lagi sujud nanti praktikan, tahan nafas saat sujud, ambil nafas terus hembuskan pakai mulut. Itu namanya pernafasan diafragma. Itu canggih banget memanjangkan nafas mengembangkan paaru-paru,” tuturnya.

Baca Juga: Ditonton Jutaan Kali, Aksi Nenek Berolahraga Pakai Jarik di Gym Viral

Lalu, ketika rukuk kaki dirapetkan termasuk paha. Selanjutnya tahan nafas dan tangan renggangkan maka lihat apa yang terjadi.

“Core (otot dekat pinggul) anda akan ketarik, perut anda akan ketarik, maka dia akan membantu isi pencernaan kita. Terasa tarikannya kalau sujudnya seperti itu. Masya Allah kan, kalau solatnya benar kan. Ikuti aja bagaimana nabi,”  katanya. (rul/*)