Bukan Lift Jatuh, Ini Dugaan Lain di Balik Peristiwa Margo City

Tim Damkar melakukan pemeriksaan di area Margo City. (DepokToday.com)
Tim Damkar melakukan pemeriksaan di area Margo City. (DepokToday.com)

DepokToday- Polisi telah melakukan pemeriksaan di lokasi reruntuhan pusat perbelanjaan Margo City, Depok. Dari hasil olah tempat kejadian sementara, petugas menyimpulkan kejadian ini tidak ada kaitannya dengan teror bom.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Imran Edwin Siregar mengatakan, dari hasil sementara, diduga penyebab ambruknya sejumlah bagian gedung dikarenakan lift jatuh.

“Jadi saya sampaikan konstruksi bangunan yang tidak kuat menahan beban lift barang yang ada di posisi belakang, sehingga lift barang jatuh ke lantai satu yang mengakibatkan suara yang cukup besar,” kata Imran Edwin Siregar di lokasi kejadian pada Sabtu malam, 21 Agustus 2021.

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar (DepokToday.com)
Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar (DepokToday.com)

Dia meluruskan, suara dentuman kencang tersebut bukan berasal dari ledakan bom seperti yang ramai dibicarakan.

“Sehingga beberapa plafon dari lantai tiga dan satu ambruk. Jadi saya nyatakan tidak ada ledakan bom. Hasil dari pemeriksaan tim Gegana Jibom dan KBR tidak ada ledakan bom untuk meluruskan simpang siur berita bahwa ada ledakan bom,” ujarnya.

“Tetapi akibat lift barang dari lantai tiga ke satu karena beban yang berat dan struktur bangunan juga tidak kuat, itu yang mengakibatkan suara yang berada, sehingga beberapa plafon dan tembok tubuh,” timpalnya lagi.

Analisa Berbeda Soal Dentuman Margo City

Berbeda dengan analisa polisi, seorang petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mensinyalir, pemicu dari kejadian itu adalah ledakan dari salah satu selang pipa gas.

“Logikanya, kesimpulan teman-teman kalau memang karena konstruksi dan dentuman keras lift efeknya radius pecahannya rendah tembok retak dan juga serpihanya tidak jauh,” kata seorang petugas yang enggan disebutkan namanya itu.

Baca Juga: 11 Orang Terluka Akibat Peristiwa di Margo City, Ini Datanya

Menurut dia, hal tersebut dapat dibuktikan dari sejumlah foto yang beredar.

“Itu kan di foto banyak, serpihanya sampe jauh kelempar keluar. Itu berarti karena adanya tekanan yang mengendap dan meluap,” jelasnya.

“Sehingga, terjadilah ledakan. Dan di TKP teman-teman Damkar mencium bau gas juga,” sambungnya.

Bahkan, kata dia, ada beberapa yang bilang sebelum terjadi ledakan tercium bau gas yang cukup menyengat. “Ada di beberapa titik.”

Dugaan tersebut juga diungkapkan oleh Kepala Damkar Kota Depok, Gandara Budiana.

“Laporan kejadian sementara ada ledakan di tenan Marugame Udon. Penyebab sumber ledakan analisa sementara dari gas,” katanya dalam pesan singkat yang diterima DepokToday.com. (rul/*)