Bukan Hanya Masuk Angin, Perut Kembung juga Tanda Sejumlah Penyakit Serius Ini

Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kondisi perut yang kembung biasanya dihubungkan dengan gejala masuk angin. Namun, Anda yang mengalami gejala ini berkepanjangan harus waspada, karena bisa jadi itu merupakan tanda penyakit yang lebih serius.

Jika sering merasa kembung disertai rasa sakit atau nyeri pada perut, segera berkonsultasi ke dokter. Bisa jadi penyakit mag, tukak lambung, atau GERD. Ketiga penyakit ini memang punya gejala yang mirip.

Melansir dari detik.com, beberapa ahli kesehatan mengungkapkan rasa sakit pada lambung merupakan gejala yang sering dialami oleh penderita ketiga penyakit tersebut. Gejalanya biasa disebut sindroma dispepsia berupa rasa nyeri di ulu hati, kembung, mual, muntah, sendawa, dan perut terasa penuh.

Jika mag biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, beda halnya dengan penyakit Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit refluks asam. GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan.

Sementara tukak lambung terjadi karena adanya kerusakan lapisan lambung yang terus menerus sehingga menyebabkan luka. Jika sering kembung, sebaiknya kurangi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi.

Cegah Perut Kembung

Pakar diet dari Texas Children’s Hospital dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics, Kristi King, menjelaskan perut kembung terjadi karena peningkatan gas atau konsumsi garam berlebihan. Jika banyak mengonsumsi asupan garam atau sodium, tubuh akan menumpuk air.

Baca Juga: Bicara Dipanggung Internasional, Guru Besar UP Singgung Masalah HAM

Cara lain untuk mencegah rasa kembung adalah dengan mengonsumsi ekstrak kunyit. Kandungan pada kunyit berfungsi untuk mengurangi gas pada lambung, membunuh beberapa jenis bakteri yang bisa membuat luka pada lambung, dan punya fungsi hepatoprotektif untuk melindungi liver.

Selain itu, konsumsi ekstrak temulawak yang bisa melancarkan pencernaan di lambung serta mengurangi gas dalam perut. Ekstrak jinten hitam (habbatussauda) juga bisa mencegah gangguan pencernaan dan perut kembung karena rempah ini kaya akan zat besi.

Semua ekstrak tersebut bisa didapatkan pada H2 Zativa yang bisa menghilangkan kembung, menghambat bakteri, hingga melindungi lambung. (lala/*)