Bukan Daging, Ini Pemicu Utama Asam Urat yang Lebih Berbahaya

Ilustrasi kena asam urat (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kena asam urat (Foto: Istimewa)

DepokToday- Penyakit asam urat bisa terjadi bukan hanya karena kesalahan pola makan, namun cenderung disebabkan karena pola pikir. Biasanya orang dengan kasus tersebut kerap gelisah dan selalu menganggap yang lain negatif.

“Yang paling bikin asam badan kita adalah pikiran,” kata dokter sekaligius pendakwah Zaidul Akbar dilansir DepokToday.com dari Kanal YouTube Perjalanan Berhijrah, pada Senin 11 Oktober 2021.

Baca Juga: Geger, Pria Bercadar Masuk Masjid, Salat di Shaf Perempuan

Menurut Zaidul, pikiran yang salah, seperti dengki, dan iri hati, adalah faktor berbahaya penyebab asam urat di tubuh.

“Nggak ada syukur-syukurnya tiap hari, ngeliat orang gak ada benernya,” katanya.

“Bayangkan saja, tiap hari kita sibuk memikirkan orang lain. Apa yang akan terjadi? Pastinya stres dan sakit,” timpalnya lagi.

Lebih lanjut Zaidul Akbar menjelaskan, ada begitu banyak sikap negatif yang terkadang luput untuk disadari.

“Ngeliat orang selalu salah, pikirnya setiap orang masuk neraka saja. Dia penghuni dan panitia surga,” katanya seperti disitat DepokToday.com dari MapayBandung.

Cara Obati Asam Urat

Sebaiknya, lanjut dr. Zaidul Akbar, agar kita terhindar dari penyakit asam urat, biasakan untuk selalu berpikir positif atau khusnudzon (berprasangka baik) kepada orang-orang. Hindari iri, dan dengki.

“Jangan kuliti kesalahannya, tapi ambil sisi positifnya, barang kali orang itu melakukan banyak kebaikan.”

Ramuan Herbal

Mentimun seringkali dianggap sebagai buah yang cocok untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan tekanan darah. Bahkan, mentimun bisa dijadikan makanan yang cocok untuk obati penyakit tersebut.

Mengutip dari berbagai sumber, penderita asam urat tidak boleh makan makanan sembarangan, terlebih makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi.

Seperti layaknya jeroan, makanan laut, atau daging merah. Bahkan, sebagian jenis sayuran yang memiliki kadar purin.(rul/*)

Baca selengkapnya di sini: Mentimun Cocok untuk Obati Penderita Asam Urat, Ini Sederet Manfaatnya