Buah Mangga Mengandung Gula Tinggi, Amankah untuk Penderita Diabetes?

Buah Mangga (Foto Istimewa)
Buah Mangga (Foto Istimewa)

DepokToday – Siapa yang tidak kenal dengan buah mangga. Buah yang satu ini cukup banyak digemari masyarakat tanah air. Mangga, buah semusim yang digemari sebagian masyarakat. Mengandung gula tinggi, amankah mangga dikonsumsi penderita diabetes?

Mengutip dari laman wikipedia, mangga pada dasarnya merupakan golongan buah rendah kalori.

Dalam satu buah ini hanya terkandung sekitar 100 – 110 kalori. Kendati demikian, buah ini kaya akan antioksidan (polifenol dan beta karoten) dan sejumlah nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Mangga mengandung enzim yang membantu memecah dan mencerna protein serta serat. Tidak hanya itu, serat dalam buah mangga bisa menurunkan risiko kanker usus besar dan penyakit jantung.

Namun, mangga dianggap buah yang tidak ramah untuk para penderita diabetes. Sebab, mangga mengandung gula dan karbohidrat tinggi.

Penelitian yang dilakukan di Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), mengkonsumsi mangga setiap hari bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah.

Penelitian lainnya yang dilakukan do Universitas Oklahoma mengungkapkan konsumsi mangga bisa membantu menurunkan resistensi insulin serta meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

Baca Juga: Pabrik Karung di Sukatani Terbakar, Pekerja dan Warga Panik

Bahkan American Diabetes Association juga merekomendasikan mangga ke dalam daftar buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurut mereka buah-buahan bisa dimakan sebagai pengganti sumber karbohidrat lain seperti pati, biji-bijian, atau produk susu.

Lain lagi, Lokendra Tomar, Weight Loss Clinic, New Delhi mengatakan, penderita diabetes harus menghindari mangga jika telah banyak mengonsumsi karbohidrat. Untuk mengelola diabetes, penderita harus menjalankan diet rendah karbohidrat.

Kandungan Buah Mangga

Asal tahu saja, mangga merupakan buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Dalam 100 gram mangga mengandung sekitar 20 gram karbohidrat.  Para penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat tidak lebih dari 100 gram per hari.

Disarankan bila ingin mengonsumsi mangga anda harus menghindari konsumsi karbohidrat lainnya.

“Saya akan merekomendasikan penderita diabetes makan mangga sesuai dengan intensitas masalahnya. Bila kadar gulanya tinggi maka saya tidak akan menyarankan. Bila kadar gula berada di batas normal boleh mengonsumsi mangga sesekali,” kata Dr Anju Sood, Ahli Gizi dari Bangalore.

Dr Anju juga setuju untuk tidak menggabungkan konsumsi mangga dengan jenis karbohidrat lainnya.

Ahli diet Jasleen Kaur dari Just Diet Clinic di New Delhi menjelaskan tujuan utama penderita diabetes adalah menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali.

Karbohidrat yang tersimpan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta makanan olahan yang dibuat dengan tambahan gula memiliki pengaruh yang lebih besar pada glukosa darah daripada protein atau lemak.

Makan karbohidrat dalam jumlah terbatas pada waktu yang teratur secara rutin bisa membantu untuk mempertahankan kadar gula darah normal.

Mangga dalam porsi besar atau buah lainnya bisa meningkatkan kadar gula darah. Bila Anda ingin mengonsumsi mangga, sebaiknya makan dalam porsi yang terkontrol dan tidak mengolahnya menjadi jus. Sebab jus mangga mengandung gula yang lebih pekat. (lala/*)