Brangus 44 Kg Sabu, Kapolres Minta Khutbah Jumat Singgung Bahaya Narkoba

Pemusnahan barang bukti sabu (Istimewa)

MARGONDA- Sebanyak lebih dari 44 kilogram paket sabu berhasil dimusnahkan Polres Metro Depok dari tangan tersangka berinisial EP, Rabu 20 Januari 2021. Puluhan paket barang haram itu diduga berkaitan dengan sindikat atau jaringan Sumatera-Jawa.

Proses pemusnahan disaksikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Depok, Sri Kuncoro, Dandim 0508 Kolonel Inf Agus Israk Miraj, pihak pengadilan, perwakilan pemerintah setempat, perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pengacara tersangka, Herman Dionne.

Baca Juga: Pencuri Tas TNI Bonyok Diamuk Massa

Sebelum dihancurkan dengan blender, petugas Laboratorium Forensik lebih dulu melakukan pemeriksaan barang bukti. Dan hasilnya dinyatakan, puluhan paket tersebut adalah murni narkoba jenis sabu.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Imran Edwin Siregar menegaskan, sejumlah barang bukti ini sengaja dimusnahkan lebih cepat sesuai dengan petunjuk jaksan dan putusan pengadilan.

“Harapan saya cuma satu, saya mohon pada seluruh masyarakat utamanya tokoh masyarakat, tokoh agama agar bisa mensosialisasikan bahaya narkoba di wilayah masing-masing,” kata Imran saat memimpin pemusnahan barang bukti sabu di lapangan utama Polres Metro Depok

Ia mengaku, secara pribadi telah menyampaikan saran pada Wali Kota Depok agar peringatan tentang bahaya narkoba bisa disisipkan dalam setiap ceramah atau khutbah Jumat.

“Saya mohon disetiap Jumat, dipenghujung ceramah ada yang mengingatkan bahaya COVID dan bahaya narkoba. Itu saya mohon, terutama dari tokoh masyarakat dan tokoh agama di lingkungan masing-masing,” katanya

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar (kiri) bersama Kasat Narkoba Polres Metro Depok, AKBP Aldo Ferdian memusnahkan barang bukti sabu dihadapan tersangka EP (Istimewa)

Kemudian, Imran juga menyampaikan rasa terimakasihnya pada Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Aldo Ferdian dan jajaran yang telah berhasil mengungkap kasus besar ini dalam waktu singkat.

“Saya minta ini terus ditingkatkan, karena masalah COVID dan masalah kriminalitas juga harus diprioritaskan.”

Kronologi Pengungkapan

Sebagai informasi, puluhan paket sabu dengan berat lebih dari 44 kilogram itu berhasil disita Satuan Narkoba Polres Metro Depok usai pengembangan hingga ke wilayah Padang, Sumatera Barat, belum lama ini.

Adapun tersangka yang berhasil diamankan dalam perkara itu adalah EP alias MA alias N. Ia diduga sebagai kurir dengan upah Rp 50 juta untuk sekali operasi. Adapun modusnya adalah menyembunyikan sabu dalam kemasan teh asal Cina yang disimpan dalam dua koper ukuran besar.

Polisi hingga kini masih memburu para pelaku lainnya yang diduga terlibat dalam jaringan lintas pulau tersebut.

“Ini jaringan Sumatera-Jawa pasti berkembang lagi nanti,” janji Imran (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here