BMKG Prediksi Hujan Angin Disertai Petir Landa Depok Hari Ini

Ilustrasi. BMKG dan prakiraan cuaca Kota Depok. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. BMKG dan prakiraan cuaca Kota Depok. (Foto: Istimewa)

DepokToday- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG kembali memprediksi Depok akan kembali dilanda hujan deras disertai petir pada hari ini, Senin 4 Oktober 2021.

Melalui siaran resminya BMKG memperkirakan cuaca Depok diprediksi cerah berawan pada pagi hari.

Namun siang hingga malam, Kota Depok diprediksi akan dilanda hujan disertai petir. Cuaca diperkirakan kembali cerah berawan pada dini hari.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 4 Oktober 2021: 7 Penyebab Jadi Pelupa, Cara Bikin Tikus Rumah Kapok

Adapun kelembaban udara pada hari ini berkisar 65 sampai 95 persen.

Terkait hal itu, BMKG pun mengimbau agar masyarakat waspada dengan adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang antara siang atau sore hingga malam hari.

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim di Depok

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem di Kota ini bakal berlangsung sampai dengan awal Oktober 2021. Kondisi ini disebabkan beberapa faktor.

Baca Juga: Polisi Buru Wartawan Bodrek yang Berulah di Depok, Gini Modusnya

Berdasarkan keterangan BMKG baru-baru ini, hujan deras dan angin kencang itu akibat dari kondisi dinamika atmosfer terkini, yaitu kombinasi dari Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Kelvin, dan gelombang tipe Low Frequency.

“Ketiganya berkontribusi terhadap pembentukan awan di wilayah Indonesia,” sebut BMKG dalam keterangan tertulisnya dikutip pada Selasa 28 September 2021.

Lebih lanjut BMKG memaparkan, berdasarkan pantauan citra satelit dan radar cuaca menunjukkan pada beberapa hari terakhir antara pukul 14:00-18:00 WIB terpantau tutupan awan konvektif di wilayah Bogor dan Depok. (rul/*)

Baca selengkapnya di sini: Waspada! BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Depok Sampai Oktober