Blok Wabu, Harta Karun Indonesia Bernilai Rp 221,7 Triliun

Blok Wabu, Papua (Foto: Istimewa)
Blok Wabu, Papua (Foto: Istimewa)

DepokToday- Satu lagi ‘harta karun’ yang dimiliki Indonesia bernilai fantastastis. Jika dinominalkan, angkanya bisa mencapai Rp 221,7 triliun. Harta berharga itu adalah gunung emas bernama Blok Wabu, di Papua.

Gunung tersebut banyak mengandung logam tanah jarang atau rare earth element. Tempat tersebut adalah bekas tambang PT Freeport Indonesia yang telah dikembalikan ke pemerintah

Jika dikelola dengan baik, maka gunung emas ini bisa menjadi salah satu sumber harta tersendiri bagi Indonesia. Sebab, jumlah sumber daya emas yang ada di blok ini tak main-main, yakni mencapai 8,1 juta ons.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Prajurit TNI Dibunuh di Depok: Ditusuk, Dilempar Batu

Dilansir dari goodnewsfromindonesia, hal itu diungkapkan Senior Vice President for Exploration Division MIND ID, Wahyu Sunyoto, pada Oktober 2020 lalu.

Kala itu Wahyu menyebut, jumlah sumber daya ini masih berdasarkan hasil perhitungan sumber daya pada 1999 untuk kategori measured (terukur), indicated (terkira) dan inferred (terduga).

“Ada sekitar 117 juta ton dengan rata-rata 2,16 gram per ton emas dan 1,76 gram per ton perak, cut off grade, sekitar 1 gram per ton. Total sumber daya ada sekitar 8,1 juta ons emas,” katanya seperti dikutip DepokToday dari CNBC Indonesia pada Sabtu 25 September 2021.

Bongkahan emas (Foto: Istimewa)
Bongkahan emas (Foto: Istimewa)

Dengan demikian, bila dikalikan harga emas sekira 1.900 dolar AS per troy ons, maka potensi nilai sumber daya emas di blok ini mencapai sekira 15,4 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 221,7 triliun (kurs Rp 14.400 per dolar AS).

Tim eksplorasi Freeport sudah melakukan pendataan Blok Wabu secara teknografik, sehingga setiap lokasi nama keluarganya sudah ada. Oleh karena itu, lanjutnya, Blok Wabu sudah siap untuk kegiatan selanjutnya yakni konstruksi

Pemerintah Ambil Alih Blok Wabu

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang mengupayakan agar PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam bisa mengambil alih pengelolaan tambang emas Blok Wabu di Papua.

Konsesi tambang emas ini awalnya dimiliki PT Freeport Indonesia yang sudah dikembalikan kepada negara.

Baca Juga: Waspada, Ini 4 Ciri-ciri Seseorang Jadi Tumbal Pesugihan

Belum lama ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengirimkan surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, untuk meminta pengelolaan tambang emas eks Freeport ini kepada Antam.

“ (Kami) sudah koordinasi juga dengan Kepala BKPM, agar lokasi yang sudah diberikan Freeport kepada negara, diprioritaskan kepada BUMN untuk masuk dalam pengelolaan emas itu,” kata Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI.

Baca Juga: Pelanggaran PPKM Darurat, Mantan Lurah Pancoran Mas Siap Disidangkan

Alasan Erick meminta pengelolaan tambang emas ini diberikan kepada Antam, karena dia menilai selama ini BUMN tersebut hanya memiliki tambang emas yang masih sedikit.

Dia menyayangkan sumber daya emas yang dimiliki Tanah Air saat ini memiliki jumlah yang sangat besar, namun perusahaan tambang pelat merah justru tidak memiliki tambang sendiri. (rul/*)