Presiden Jokowi Ajak Kadin Membangun Optimisme di Tengah Ketidakpastian Perekonomian Global

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:05 WIB
Presiden Jokowi (tiga kiri) membuka Rapimnas Kadin Tahun 2022 di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Jumat 2 Desember 2022. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi (tiga kiri) membuka Rapimnas Kadin Tahun 2022 di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Jumat 2 Desember 2022. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

DepokToday.com - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), mengajak Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk membangun optimisme di tengah ketidakpastian perekonomian global.

Ajakan itu diutarakan Presiden Jokowi saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin tahun 2022 di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengutip pernyataan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva, yang menyampaikan bahwa Indonesia adalah titik terang di tengah kesuraman ekonomi global.

“Di tengah kesuraman ekonomi global, Indonesia adalah titik terangnya, dia (Kristalina Georgieva) ngomong seperti itu. Apa alasannya dia berbicara seperti itu? Karena dia baca angka-angka,” ujar Presiden.

Baca Juga: Sepak Terjang Arsjad Rasjid, Ketua Kadin Indonesia yang Namanya Teratas di Bursa Cawapres

Presiden Jokowi menekankan bahwa saat ini Indonesia memperoleh kepercayaan sekaligus berada pada puncak kepemimpinan global, utamanya di sisi ekonomi.

“Kita enggak sadar bahwa kita sedang berada pada kepemimpinan puncak global di sisi ekonomi. Trust-nya itu kita baru saja dapat, ini jangan dilewatkan,” ujarnya.

Kepala Negara pun mendorong Kadin untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan merumuskan peta jalan di berbagai bidang, mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga industri.

“Saya senang kalau Kadin nanti merumuskan roadmap SDM, roadmap industri tekstil, roadmap industri logam, roadmap semuanya ada peta jalannya, sehingga jelas kita akan menuju ke mana, jelas visi kita akan ke mana,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LC Waikiki Buka Gerai di Pesona Square Depok

Senin, 30 Januari 2023 | 12:10 WIB

Pedagang Dilarang Menjual Rokok Ketengan

Rabu, 28 Desember 2022 | 13:30 WIB
X