BUMN Startup Day, Presiden Jokowi: Peluang Ekonomi Digital Besar Sekali

- Senin, 26 September 2022 | 16:30 WIB
Presiden RI, Jokowi (tengah), saat membuka BUMN Startup Day Tahun 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Senin 26 September 2022. (Sumber: Tangkapan layar)
Presiden RI, Jokowi (tengah), saat membuka BUMN Startup Day Tahun 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Senin 26 September 2022. (Sumber: Tangkapan layar)

DepokToday.com - Presiden RI, Joko Widodo, membuka acara BUMN Startup Day di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin 26 September 2022.

Dalam sambutannya, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan adanya potensi ekonomi digital di Indonesia dari tahun 2022 hingga 2030.

Presiden menjabarkan, potensi ekonomi digital di Indonesia melompat delapan kali lipat dari sekitar Rp632 triliun di tahun 2020 menjadi Rp4.531 triliun nanti di 2030. 

Kata Presiden, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Sedangkan startup Indonesia tertinggi keenam di dunia setelah Amerika Serikat, India, Inggris, Kanada, dan Australia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1

“Artinya, peluangnya besar sekali. Ini adalah kesempatan bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian terutama yang muda-muda karena juga pengguna internet di Indonesia itu sudah mencapai 77 persen, 77 persen, dan penggunaannya 8 jam 36 menit setiap harinya,” ujar Presiden dilansir laman resmi Setkab RI.

Presiden juga menekankan para pendiri startup agar memperhatikan kebutuhan pasar. Presiden mengungkapkan, mayoritas perusahaan rintisan tidak berhasil karena tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

Ilustrasi transaksi digital. (Foto: Dok. Wehelpyou via suara.com)

“Sebanyak 80 persen sampai 90 persen startup gagal saat merintis, karena sekali lagi tidak melihat kebutuhan pasar yang ada. Berangkatnya mestinya dari kebutuhan pasar yang ada itu apa," katanya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Depok Keren Meningkatan Perekonomian di Kelurahan Serua

Minggu, 20 November 2022 | 20:35 WIB
X