Pendaftaran Pahlawan Digital UMKM 2022 Resmi Dibuka

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat menghadiri Depok Virtual Expo terkait UMKM (DepokToday.com)
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat menghadiri Depok Virtual Expo terkait UMKM (DepokToday.com)

DepokToday.com - Ajang Pahlawan Digital UMKM kembali digelar. Pendaftarannya sudah dibuka pada Senin, 29 Agustus 2022, dan alan ditutup tanggal 26 September 2022.

Ajang ini merupakan kolaborasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) serta Staf Khusus (Stafsus) Presiden Putri Tanjung.

Ajang Pahlawan Digital UMKM digelar untuk mencari para inovator digital yang mempunyai komitmen membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas, dan lebih berdaya dengan berbagai inovasi dan solusi digital. 

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki, optimistis melihat perkembangan para inovator digital saat ini.

Baca Juga: Prodi TICK Politeknik Negeri Jakarta Latih Masyarakat Tingkatkan Kualitas Kemasan UMKM

Apalagi, kata dia, digitalisasi yang diciptakan para inovator muda selama ini telah terbukti mengubah jutaan pelaku UMKM menjadi lebih berdaya dan kuat, termasuk pada masa pandemi COVID-19.

“Jika kita ingin UMKM semakin berdaya, go digital adalah jawabannya. Untuk itu, kita butuh banyak inovator digital yang kita sebut Pahlawan Digital, UMKM tak bisa naik kelas sendiri maka harus diagregasi,” ujar Teten seperti dikutip laman resmi Setkab RI, kemarin.

Sementara itu, Stafsus Presiden Putri Tanjung yang juga merupakan penggagas Pahlawan Digital UMKM, menuturkan bahwa para Pahlawan Digital UMKM telah berhasil membantu para pelaku UMKM bertahan bahkan berkembang pada masa pandemi COVID-19 dengan berbagai inovasi digital.

Baca Juga: Nggak Kaleng-kaleng! Kadin Dorong Produk UMKM Depok ke Jerman

Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan lebih banyak inovator digital yang bisa membantu pelaku UMKM naik kelas.

“Kami mengajak Anda semua, para inovator digital, untuk berkolaborasi membantu lebih banyak lagi UMKM kita dan menjadi bagian dari gerakan digitalisasi UMKM Indonesia,” tutur Putri.

Para Pahlawan Digital ini dibutuhkan untuk membantu pelaku UMKM dalam berbagai hal, mulai dari digitalisasi akses pasar, pemantauan kualitas produksi, keuangan dan akses pembiayaan, manajemen organisasi, kapasitas produksi, pasokan, sampai digitalisasi distribusi.

Tak hanya berkontribusi dalam upaya mendorong UMKM naik kelas, para pemenang Pahlawan Digital UMKM juga akan memperoleh hadiah menarik dan berkesempatan menjadi mitra Kemenkop UKM dalam berbagai program digitalisasi UMKM.(***)

Editor: Tidar Aira

Sumber: Humas Kemenkop UKM, Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

iPhone Generasi Pertama Dilelang Mencapai RP700 Jutaan

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:04 WIB

Tips Menabung Emas Agar Cuan di Masa Depan

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:18 WIB

Menikmati Bulan Penuh Cinta dengan sekotak Pizza Box

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:00 WIB

LC Waikiki Buka Gerai di Pesona Square Depok

Senin, 30 Januari 2023 | 12:10 WIB
X