PT PLN (Persero) Gandeng KFC Indonesia untuk Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:56 WIB
PT PLN (Persero) gandeng KFC Indonesia bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) (Dok. PT PLN (Persero))
PT PLN (Persero) gandeng KFC Indonesia bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) (Dok. PT PLN (Persero))

DepokToday.com - PT PLN (Persero) bangun kerjasama dengan KFC Indonesia untuk mendirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tiap-tiap gerai perusahaan tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan melihat bahwa kerja sama PLN-KFC Indonesia ini adalah kemitraan yang strategis dalam mendorong transisi energi di Indonesia. Khususnya dalam perluasan EV charging system yang menjadi perhatian utama PLN

“Sesuai dengan komitmen kita di Paris Agreement, PLN akan terus menambah porsi untuk EBT. Transisi ini pada akhirnya akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi bagi kita sekarang dan anak cucu di masa depan,” kata Doddy dalam keterangan persnya, Minggu 14 Agustus 2022.

Baca Juga: Hasil Ligue 1 Prancis: Neymar Cetak Dua Gol Saat PSG Kalahkan Montpellier 5-2

Doddy mengatakan, PT PLN (Persero) memiliki komitmen untuk mendorong pembangunan ekosistem Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) di Indonesia dengan menggandeng sektor swasta.

"PLN menandatangani perjanjian kerja sama dengan KFC Indonesia 11 Agustus 2022. Dalam kesepakatan ini KFC siap mengakomodasi SPKLU PLN di gerai-gerai milik mereka," kata Doddy.

Direktur KFC Indonesia Justinus D. Juwono menyatakan kerja sama ini adalah bentuk komitmen KFC Indonesia untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan ketahanan energi nasional dan menjaga kelestarian lingkungan. Sampai Agustus 2022 ini pihaknya menyebut telah membangun SPKLU di 10 gerai KFC.

Baca Juga: AC Milan dan Inter Milan Awali Laga Serie A 2022-2023 dengan Kemenangan

“Keberadaan SPKLU di gerai KFC Indonesia juga merupakan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pengisian listrik untuk kendaraan listrik. Belakangan kehadiran kendaraan listrik semakin meluas dan diyakini akan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia,” jelas Justinus.

Pembangunan SPKLU di gerai KFC Indonesia menggunakan bisnis model Investor Owned Investor Operate (IO2).  Dalam hal ini KFC Indonesia sebagai mitra akan menyiapkan lahan, biaya investasi dan operasional SPKLU di gerainya. Sedangkan PLN sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) akan menyediakan infrastruktur SPKLU. Dalam operasionalnya pemilik mobil listrik dapat mengisi daya di SPKLU tersebut melalui aplikasi PLN Mobile.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenhub Putuskan Tarif Ojol Naik, Ini Rinciannya

Rabu, 7 September 2022 | 13:16 WIB
X