Erick Thohir Tegaskan UMKM Jadi Prioritas BUMN

- Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
Produk lilin aroma terapi UMKM Depok (DepokToday.com)
Produk lilin aroma terapi UMKM Depok (DepokToday.com)

DepokToday.comMenteri BUMN, Erick Thohir kembali menegaskan, bahwa pihaknya sangat berpihak pada sektor UMKM dan itu menjadi salah satu prioritas utama Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Erick Thohir mengatakan, kontribusi BUMN dalam pertumbuhan ekonomi sebesar 5,44 persen yoy pada triwulan II tahun 2022. Hal itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat 5 Agustus 2022.

Tentunya, itu akan berkorelasi langsung dengan peningkatan daya saing UMKM.

“Keberpihakan kepada UMKM menjadi bagian terpenting dalam upaya Indonesia membangun ekonomi kerakyatan,” katanya pada Senin 8 Agustus 2022.

Menteri yang dikenal murah senyum tapi tegas dalam meningkatkan kinerja BUMN itu mengatakan, bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Wakapolri Bersama Timsus Datangi Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob, Ini Tujuannya  

Sebab, kata dia, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), jumlah UMKM di tanah air mencapai sekira 65 juta pelaku dan menyumbang 62 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), atau senilai Rp 8.574 triliun.

“Jangan lupa, UMKM sukses menyerap tenaga kerja sekitar 97 persen dari daya serap dunia usaha pada 2020.”

Erick mengungkapkan, ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global tidak terlepas dari peran BUMN yang sehat sebagai motor pemulihan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X