Menhub Tinjau Progres Pembangunan Bus Listrik Merah Putih untuk G20 di PT INKA

- Senin, 18 Juli 2022 | 19:30 WIB
Menhub, Budi Karya Sumadi (kanan pakai rompi), meninjau Bus Listrik Merah Putih di PT INKA, Madiun, Jawa Timur.(Foto: dephub.go.id)
Menhub, Budi Karya Sumadi (kanan pakai rompi), meninjau Bus Listrik Merah Putih di PT INKA, Madiun, Jawa Timur.(Foto: dephub.go.id)

DepokToday.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meninjauh progres pembangunan Bus Listrik Merah Putih (BLMP) untuk G20 di PT INKA (Persero), Madiun, Jawa Timur, Minggu 17 Juli 2022.

Dalam kunjungannya, Menhub meminta PT INKA untuk mempercepat pembangunan, agar masih ada waktu untuk melakukan perbaikan-perbaikan sebelum dapat digunakan.

“Kita harus perhitungkan bus ini dengan suatu standar keselamatan yang baik,” ujar Menhub seperti dikutip laman resmi Kementerian Perhubungan.

Menhub mengapresiasi PT INKA yang bekerja sama dengan Kementerian Ristekdikti dan sejumlah perguruan tinggi, dalam penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang lebih dari 50%.

Baca Juga: Menhub Berharap KADIN Bisa Bantu Pemulihan Industri Penerbangan

“Ini akan membuka ruang kerja baru bagi produk dalam negeri dan juga kesempatan bagi para akademisi di perguruan tinggi untuk melakukan riset dan inovasi, yang selama ini hanya bisa dilakukan di luar negeri,” tutur Menhub.

Apresiasi juga diberikan Menhub kepada Kemenristekdikti yang telah mendukung pendanaan riset yang dituangkan dalam bentuk karya yang terhilirisasi, seperti halnya pembangunan bus listrik dalam negeri.

“Saat ini kita bangun 30 bus listrik dan ke depannya akan terus bertambah,” ucapnya.

Menhub juga meminta sejumlah operator BUMN seperti Damri, PT KAI, dan INKA untuk terus mendukung dan membuka kesempatan bagi dunia pendidikan untuk melakukan riset pengembangan teknologi transportasi secara lebih intensif.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X