Kesepakatan PT. PLN dan Kesekretariatan Negara, Seluruh Istana Kepresidenan Kini Diterangi Energi Hijau

- Senin, 27 Juni 2022 | 19:48 WIB
Istana Merdeka (Suara.com)
Istana Merdeka (Suara.com)

DepokToday.com – PT PLN (Persero) dan Kesekretariatan Negara Republik Indonesia bersepakat untuk menandatangani pembelian sertifikat energi terbarukan (EBT) atau Renewable Energy Certificate (REC) setara 849 megawatt hour (MWh).

Melalui kesepakatan yang ditandatangani Rabu 22 Juni 2022 lalu, dua istana kepresidenan yang terletak di Ibukota Negara yakni Istana Merdeka dan Istana Negara telah diterangi menggunakan enegri hijau menyusul istana kepresidenan di daerah yang lebih dulu beralih ke listrik ramah lingkungan ini.

Kepala Biro Umum, Sekretariat Presiden RI Erry Hermawan mengatakan, kesepakatan menggunakan energi hijau itu sebagai komitmen pemerintah dalam upaya mengatasi persoalan lingkungan di Indonesia.

Baca Juga: Menguak Sosok Pangeran Indonesia yang Bayar Miyabi Semalam Rp 300 Juta

Baca Juga: Blacklist Penumpang Cabul di Kereta, Erick Thohir: Jangan Cari-cari Kesalahan Korban

"Ini untuk mengatasi energi fosil yang semakin lama akan semakin terbatas. Selain itu, langkah ini juga akan mendukung energi hijau untuk mengatasi kendala lingkungan, khususnya di Indonesia," kata Erry melalui keterangan persnya, Senin 27 Juni 2022.

Erry mengatakan, Istana Kepresidenan Bogor menjadi yang pertama berlangganan layanan REC pada Maret 2022. Diikuti kemudian oleh Istana Kepresidenan Tampaksiring dan Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Mei dan Juni 2022.

Dirinya pun bersyukur mulai 1 Juni 2022 kemarin, seluruh lingkungan kesekretariatan presiden, mulai dari istana kepresidenan di Jakarta, Bogor, Cipanas, Yogya dan Tampaksiring sudah 100 persen menggunakan EBT.

Baca Juga: Surati Jokowi Demi Bebaskan Habib Rizieq, Begini Sikap FPI Terkait Pilpres 2024

“Sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo, langkah ini menjadi bukti komitmen pemerintah dalam mendukung upaya pengembangan EBT untuk mengatasi permasalahan lingkungan,” katanya.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenhub Putuskan Tarif Ojol Naik, Ini Rinciannya

Rabu, 7 September 2022 | 13:16 WIB

PLN Resmikan Satu Lagi SPKLU, Total Sudah 142 Unit

Rabu, 7 September 2022 | 02:00 WIB
X