Dongkrak Perekonomian, Kemenpora Cetak Sejuta Wirausaha Lokal

- Jumat, 10 Juni 2022 | 13:25 WIB
Plt. Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan  (Foto: Istimewa)
Plt. Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan (Foto: Istimewa)

DepokToday.com – Pemerintah RI terus berupaya keras mendongkrak pemulihan ekonomi melalui berbagai sektor. Salah satunya seperti yang dilakukan jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora.

Melalui workshop nasional kewirausahaan dengan tajuk Perbaikan Ekosistem Kewirausahaan Pemuda di Daerah, Kemenpora RI pun optimis, hal itu dapat mendongkrak iklim bisnis di Indonesia, berbasis pengusaha lokal.

“Kami berupaya melalui workshop ini ingin meningkatkan kemampuan para atau calon wirausaha,” kata Kasubid Pengembangan Potensi Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Syhabuddin, belum lama ini dikutip dari Hops.id jaringan DepokToday.com pada Jumat, 10 Juni 2022.

Ia menyebut, diproyeksikan pada tahun 2030 mendatang, tantangan dalam pengembangan kewirausahaan akan lebih besar lagi. Lebih lanjut, dia juga menyinggung soal banyaknya perusahaan rintisan alias start-up yang beberapa waktu belakangan dikabarkan runtuh.

“Proyeksi 2030 tantangan dalam pengembangan kewirausahaan akan lebih besar lagi. Ditambah start-up yang banyak mulai runtuh,” katanya.

Syhabuddin juga menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan perusahaan rintisan mulai mengalami keruntuhan.

“Salah satunya adalah kesusahan akses terhadap permodalan. Kemudian segmentasi pasar yang belum jelas, serta skill yang belum mumpuni untuk scale-up bisnisnya,” kata dia.

Sementara itu, Plt. Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Imam Gunawan berjanji, pihaknya akan terus menggalakkan upaya pengembangan kewirausahaan, karena itu adalah hal yang penting.

Ia menyebut, pemerintah memiliki target untuk menciptakan satu juta wirausaha baru hingga akhir tahun 2024 mendatang.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Tegaskan UMKM Jadi Prioritas BUMN

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X