PT. PLN (Persero) Salurkan Rp 457 Triliun Subsidi Pemerintah Sepanjang 2014-2021

- Kamis, 9 Juni 2022 | 20:43 WIB
Ilustrasi stimulus PLN (Dok. PT. PLN (Persero))
Ilustrasi stimulus PLN (Dok. PT. PLN (Persero))

DepokToday.com - Ditengah gejolak ekonomi yang sedang tak menentu, PT. PLN (Persero) memastikan, subsidi listrik terhadap masyarakat kurang mampu masih tetap digulirkan oleh pemerintah.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan, subsidi listrik diberikan pemerintah untuk menjaga tarif listrik agar tetap terjangkau bagi masyarakat kurang mampu dan pelaku usaha kecil.

"Selama 2014-2021, pemerintah melalui PLN telah menyalurkan subsidi sebesar Rp 457 triliun untuk mengurangi tekanan ekonomi terhadap masyarakat yang kurang mampu dan pelaku usaha kecil," kata Darmawan dalam keterangan persnya, Kamis 9 Juni 2022.

Baca Juga: Jasad Emmeril Kahn Mumtadz Ditemukan di Bendungan Engehalde

Darmawan mengatakan, sebagai kontribusinya, PLN terus berinovasi untuk menghadirkan pasokan listrik yang andal dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung aktivitas dan perekonomian rakyat serta menopang pertumbuhan usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

"Melalui akses listrik yang andal dan terjangkau, PLN ingin memastikan ada pergerakan ekonomi di seluruh lapisan masyarakat," sebutnya.

Melihat kondisi terkini, dia menambahkan, perseroan pun melakukan beragam langkah efisiensi dan inovasi di berbagai lini bisnis melalui program transformasi yang sejalan dengan gerakan transformasi BUMN sejak April 2020. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi beban subsidi yang harus ditanggung oleh pemerintah.

Baca Juga: Kacau! Mobil Dinas Pemkot Depok Terciduk Nunggak Pajak, Netizen: Dikira Kebal Hukum

"Strategi ini dilakukan untuk menjaga keadilan tarif bagi masyarakat kurang mampu, UMKM, serta sektor industri, tanpa membebani anggaran negara sepenuhnya," jelasnya.

Kehadiran negara melalui perlindungan ekonomi ini pun mendapatkan respon positif dari masyarakat. Mereka merasa terbantu dan sangat bersyukur mendapatkan subsidi listrik.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Tegaskan UMKM Jadi Prioritas BUMN

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X