Eks Buruh Pabrik Ini Punya Omset 2 Digit dari Olahan Pisang UMKM, Begini Kisahnya

- Kamis, 9 Juni 2022 | 13:54 WIB
Lia Herawaty, pelaku UMKM yang sukses dari olahan kripik pisang (Foto: DepokToday.com)
Lia Herawaty, pelaku UMKM yang sukses dari olahan kripik pisang (Foto: DepokToday.com)

DepokToday.com – Usaha mikro kecil menengah atau UMKM, belakangan ini menjadi salah satu bisnis alternatif yang cukup menjanjikan. Perkembangnya pun kian pesat, sejak pandemi melanda Indonesia.

Maka tak heran, jika akhir-akhir ini banyak yang memilih untuk terjun langsung sebagai pelaku UMKM. Terlebih, pemerintah pun telah menaruh perhatian serius pada usaha berbasis lokal tersebut.

Ya, UMKM dianggap mampu mendorong perekonomian bangsa. Hal itu pula lah yang diraskan Ria Herawaty, warga Jatijajar, Depok.

Ibu tiga anak ini tadinya adalah buruh pabrik di salah satu perusahaan garmen. Setelah lebih dari tujuh tahun mengabdi di tempat itu, Ria akhirnya memutuskan untuk gabung menjadi pelaku UMKM.

Baca Juga: Air Tanah Dikuras, Margonda Depok Terancam Amblas

Dalam bisnisnya, Ria memilih produk olahan keripik pisang. Dan kini, usaha yang dirintisnya sejak 2013 silam itu pun telah membuahkan hasil. Seperti apa kisahnya? Berikut ulasan DepokToday.com.

Di temui disela-sela kesibukannya saat menjajakan keripik pisang, Ria mengaku, tadinya adalah seorang buruh. Jam kerjanya yang cukup padat, membuat dia harus berjuang ekstra demi bisa membantu sang suami, menopang perekonomian keluarga.

“Iya, awalnya saya kerja di garmen. Terus akhirnya aktif di UMKM. Karena kerja sendiri lebih enak dari pada harus kerja sama orang. Dan ternyata penghasilan pun jauh lebih baik dan kerrjanya lebih santai. Kita bisa mengatur sendiri,” katanya dikutip pada Kamis, 9 Juni 2022.

“Biasanya kerja di pabrik bangun pagi-pagi harus sampai, kalau sekarang jadi lebih santai,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Tegaskan UMKM Jadi Prioritas BUMN

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X