Perkuat Pasokan Listrik Masyarakat, PT. PLN (Persero) Investasikan Rp 452 Miliar Bangun Dua Gardu Induk

- Selasa, 24 Mei 2022 | 17:11 WIB
Ilustrasi investasi PT. PLN (Persero) senilai Rp 452 Miliar (Dok. PT. PLN (Persero))
Ilustrasi investasi PT. PLN (Persero) senilai Rp 452 Miliar (Dok. PT. PLN (Persero))

DepokToday.com - Pasokan listrik menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat saat ini. Melihat hal itu, PT. PLN (Persero) terus melakukan perkuatan terhadap aliran listrik di masyarakat.

Terbaru, perusahaan listrik milik negara itu menginvestasikan Rp 452 miliar untuk membangun dua infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Sukatani, Kabupaten Karawang sebagai upaya perkuatan tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) Djarot Hutabri EBS mengatakan, investasi itu diperuntukkan pembangunan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kiloVolt (kV) dan Gas Insulated Switchgear Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV.

Baca Juga: Polisi Ringkus Aktor Gary Iskak Saat Pesta Narkoba Bareng Cewek, Begini Kondisinya Saat Digerebek

Baca Juga: Viral Penutup Gorong-gorong di Depok Miring, Warganet: Berasa Sirkuit Tamiya

Djarot mengatakan, dengan dibangunnya dua infrastruktur senilai ratusan miliar tersebut, diharapkan dapat menciptakan peluang investasi.

"Seperti yang diketahui secara umum bahwa Karawang adalah salah satu daerah industri terbesar di Indonesia. Listrik memegang peranan penting dalam peningkatan iklim investasi. Oleh karena itu, pasokan listrik harus benar-benar dijaga keandalannya,” kata Djarot dalam keterangan persnya, Selasa 24 Mei 2022.

Djarot menargetkan, pembangunan yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) itu rampung pada November 2022. Sementara kemajuan pembangunan hingga saat ini telah mencapai 77 persen.

Baca Juga: Pemerintah Telah Izinkan Masyarakat Buka Masker di Luar Ruang, Mohammad Idris: Dalam Ruang Tetap Bermasker

"GISTET 500 kV Sukatani akan memiliki kapasitas sebesar 1.000 Mega Volt Ampere (MVA) dengan 2 tower incomer 500 kV sepanjang 3,5 kilometer sirkit (kms). Sedangkan untuk GIS 150 kV akan memiliki kapasitas sebesar 120 MVA dengan tower incomer 150 kV sepanjang 3,44 kms," kata Djarot.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X