Wajib Tahu! Kenali 6 Tahap Pencarian Properti Bagi Pemula

- Jumat, 13 Mei 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi properti. (Foto: Pikiran-rakyat.com/ARIF HIDAYAH)
Ilustrasi properti. (Foto: Pikiran-rakyat.com/ARIF HIDAYAH)

DepokToday.com - Sedikitnya ada enam tahap dalam proses pencarian properti yang wajib diketahui oleh pemula sehingga mereka dapat lebih bijak saat akan membeli properti pertamanya.

Tahap-tahapan tersebut terdiri dari define, discovery, consideration, negotiation, transaction, dan post-transaction. 

Pinhome melalui Ahli Properti dan Pembiayaan, Vina Yenastri, mengungkapkan, pada tahap define calon pembeli properti harus menetapkan jenis properti yang akan dibeli serta mengetahui budget pembelian properti yang sesuai.

“Di tahap ini, kita udah mulai menentukan kriteria properti yang kita mau atau butuhkan seperti apa dan jenisnya apa aja. Lalu menentukan budget ini menjadi poin dasar utama ketika kita mencari properti. Budget kita untuk mencari properti berapa ya? Kemampuan kita untuk membeli properti berapa, lalu kita hitung-hitung, lalu kita masuk ke tahap discovery,” kata Vina dalam Bahas Tuntas Properti by Property Academy Pinhome.

Kedua, kata Vina, di tahap discovery calon pembeli sudah mulai mencari properti yang sesuai dengan kebutuhan dan juga membuat skala prioritas properti berdasarkan preferensi.

“Di tahap ini, kita sudah mulai mencari-cari properti yang sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan dan sesuai dengan budget kita, dan kita sudah mulai urutkan skala prioritasnya berdasarkan preferensi, karena untuk mencari properti itu ada yang jaraknya dekat, lebih jauh, atau aksesnya lebih sulit, itu ada macam-macam. Tiap individu berbeda. Jadi harus ditentukan skala prioritasnya,” terang Vina.

Kemudian di tahap consideration, Vina menjelaskan calon pembeli harus melakukan survei pada properti pilihan serta mempertimbangkan tiap aspek dari properti pilihannya.

Baca Juga: Pinhome dan Kitabisa Galang Dana untuk Sediakan Oksigen Konsentrator

“Tahap berikutnya, kita sudah mulai melakukan survei. Kita sudah mulai pilih-pilih sekitar lima properti yang sesuai sama kriteria kita. Selain itu, kita sudah mulai mempertimbangkan juga tiap aspek dari beberapa properti yang kita pilih dari kelima properti ini, mana aja yang paling mendekati dengan kebutuhan kita, mana aja yang paling sesuai dengan yang kita perlukan,” tutur Vina.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Sukatani dan Tugu Kota Depok Dapat Label SNI

Kamis, 28 April 2022 | 21:40 WIB

Tarif PPN Jadi 11%, Berlaku Mulai 1 April 2022

Kamis, 24 Maret 2022 | 09:52 WIB

Provinsi Jawa Barat Jadi Ikon Inacraft 2022

Selasa, 22 Maret 2022 | 14:57 WIB
X