Banyak Proyek Besar Tanpa Rencana Matang, Faisal Basri Sindir Jokowi Seperti Tuhan

- Jumat, 21 Januari 2022 | 18:35 WIB
Presiden Jokowi  (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Kritikan pedas kembali digulirkan Ekonom Faisal Basri. Dirinya menilai Presiden Jokowi membangun proyek besar tanpa adanya rencana yang matang.

Dia pun menyebut jika apa yang dilakukan Presiden Jokowi seperti tuhan. Hal itu disampaikan oleh Faisal Basri dalam diskusi Indonesia Corruption Watch  atau ICW, Jumat 21 Januari 2022.

Menurut Faisal, dalam setiap pidato rencana pembangunan sebuat proyek, Jokowi selalu mengatakan tanpa menggunakan APBN uang rakyat, namun ujungnya selalu bertolak belakang.

Baca Juga: Bikin Panik, Pria Paruh Baya Kejang-kejang di Masjid Balai Kota Depok

"Sejak awal, pendekatan Pak Jokowi adalah pendekatan proyek. Yang namanya pidato itu beda, saya pastikan tidak lewat APBN, kayak Tuhan saja dia (Jokowi) itu, ternyata tidak pernah pasti-pasti, dan berubah, kereta cepat, jalan Tol Sumatera," ungkap Faisal seperti dilansir dari Suara.com.

Faisal Basri yang menuding IKN merupakan bagi-bagi proyek ala Jokowi (Foto: Hops.id)

Selain itu, Jokowi juga dinilai sering memerintah bawahannya sesuai permintaan, tanpa panjang berpikir mengenai baik buruknya.

"Kemudian instan, jadi misalnya presiden ke satu daerah ada aspirasi 'Pak Jokowi tolong dong dibikinin bandara', lantas pak presiden bilang ke Pak Menteri bilang 'Bisa ya Pak Menhub, setahun ya selesai'," tuturnya.

Karenanya, lanjut Faisal, tidak mengherankan banyak proyek pembangunan era Jokowi yang tidak ada dalam rancangan pembangunan jangka panjang nasional, sehingga mengganggu anggaran keuangan negara.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Sukatani dan Tugu Kota Depok Dapat Label SNI

Kamis, 28 April 2022 | 21:40 WIB

Tarif PPN Jadi 11%, Berlaku Mulai 1 April 2022

Kamis, 24 Maret 2022 | 09:52 WIB

Provinsi Jawa Barat Jadi Ikon Inacraft 2022

Selasa, 22 Maret 2022 | 14:57 WIB
X