Indonesia Berlakukan Harga Minyak Goreng Rp14 Ribu, Di Malaysia Cuma Segini, Anggota DPR: Kok Bisa

- Kamis, 20 Januari 2022 | 20:00 WIB
Minyak goreng (Foto: Istimewa)
Minyak goreng (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Di tengah kenaikan harga minyak goreng yang terjadi belakangan, adanya kebijakan program minyak goreng satu harga Rp14 ribu per liter menjadi incaran warga. 

Namun harga minyak goreng ini juga dibandingkan dengan harga minyak goreng di Malaysia yang bisa menekan harga menjadi hanya Rp8.500 per liter. 

Hal ini pun dibahas dalam rapat kerja Komisi VI DPR RI. Melansir dari Suara.com, anggota Komisi VI DPR RI Khilmi pun mempertanyakan kabar tersebut dalam rapat kerja bersama produsen minyak goreng dan pengusaha kelapa sawit pada Rabu, 19 Januari 2022. “Bisa ya? Apa itu benar?,” tanyanya.

Baca Juga: Sadis, OPM Berondong TNI dengan Senapan Perang Saat Bangun Jembatan

Dia juga bertanya-tanya mengapa Malaysia bisa menjual minyak goreng dengan harga semurah itu.

Ilustrasi harga minyak (Foto: kbr.id)

Menanggapi pertanyaan Khilmi, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono mengatakan harga minyak sawit di Malaysia bisa semurah itu karena adanya skema subsidi yang telah lama dilakukan di sana.

Sedangkan di Indonesia subsidi minyak goreng baru bisa dilakukan mulai saat ini dengan program satu harga Rp14 ribu per liter.

“Betul harga minyak goreng di Malaysia Rp8.500 per liter, 2,25 Ringgit equal-nya. Itu adalah karena subsidi diberikan oleh dana SES, tapi hanya untuk 1 liter polybag yang sangat sederhana,” jelas Joko.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Sukatani dan Tugu Kota Depok Dapat Label SNI

Kamis, 28 April 2022 | 21:40 WIB

Tarif PPN Jadi 11%, Berlaku Mulai 1 April 2022

Kamis, 24 Maret 2022 | 09:52 WIB

Provinsi Jawa Barat Jadi Ikon Inacraft 2022

Selasa, 22 Maret 2022 | 14:57 WIB
X