Omicron Masih Jadi Ancaman, Pemerintah Buka Pintu Kedatangan Dalam Negeri untuk Semua Negara karena Alasan Ini

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:30 WIB
Ilustrasi kedatangan dalam negeri (Foto: Pixabay)
Ilustrasi kedatangan dalam negeri (Foto: Pixabay)

DepokToday.com - Di tengah ancaman Covid-19 varian Omicron yang belakangan membuat kasus sejumlah negara meningkat, penutupan pintu kedatangan dalam negeri untuk pelaku perjalanan dari sejumlah negara yang sebelumnya dilakukan akhirnya diselesaikan pemerintah Indonesia.

Hal ini dilakukan karena varian Omicron saat ini sudah melanda lebih dari 150 negara. Pemerintah Indonesia dalam hal ini berharap jika adanya pemberlakuan pembukaan pintu kedatangan dapat membuat stabilitas hungan dan ekonomi.

"Virus omicron sudah menyebar di 150 negara lebih. Jadi, kalau hanya menutup 14 negara, timbul protes, ketidakadilan," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Suharyantousai pada rapat evaluasi PPKM Natal dan Tahun Baru di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Senin 17 Januari 2022 dikutip dari Pikiran Rakyat.

Baca Juga: Demam NFT, Marketplace OpenSea Dipenuhi Foto Jualan UMKM, Netizen: Kebelet Kaya!

Dia mengatakan, kebijakan tersebut diiringi penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat. "Saat ini sudah tidak dibatasi (kedatangan luar negeri), tetapi tetap karantina tujuh hari," katanya.

Ketetapan masa karantina selama sepekan bagi pendatang dari luar negeri, kata Suharyanto, diberlakukan karena para ahli mengatakan masa inkubasi omicron adalah 3-6 hari.

"Bahkan, di Amerika Serikat, setelah 5 hari karantina dianggap sudah sembuh," katanya.

Ilustrasi kedatangan dalam negeri (Foto: Pixabay)

Ia mengatakan, dibukanya kembali pintu kedatangan luar negeri adalah salah satu cara agar kesehatan dan ekonomi tetap terjaga. Hal itu juga dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan negara lain.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Sukatani dan Tugu Kota Depok Dapat Label SNI

Kamis, 28 April 2022 | 21:40 WIB

Tarif PPN Jadi 11%, Berlaku Mulai 1 April 2022

Kamis, 24 Maret 2022 | 09:52 WIB

Provinsi Jawa Barat Jadi Ikon Inacraft 2022

Selasa, 22 Maret 2022 | 14:57 WIB
X