Menaker Dukung Sertifikasi Tukang Bangunan, Apa Saja Manfaatnya?

- Senin, 10 Januari 2022 | 12:33 WIB
Ilustrasi pekerja bangunan. Recananya tukang bangunan akan mendapat sertifikasi. (Foto: Suara.com)
Ilustrasi pekerja bangunan. Recananya tukang bangunan akan mendapat sertifikasi. (Foto: Suara.com)

DepokToday - Kesejahteraan kepada seluruh pekerja di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah. Sejumlah kebijakan untuk mendukung upaya ini terus ditelurkan pemerintah, salah satunya dengan adanya sertifikasi tenaga kerja terampil konstruksi atau sertifikasi tukang bangunan.

Hal in terus didorong oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. dengan adanya sertifikasi tukang bangunan ini, Ida menyampaikan mereka akan lebih mudah medapat pekerjaan.

Selain itu, sertifikasi tukang bangunan ini, peluang penempatan ke luar negeri juga terbuka lebih luas bai tukang bangunan.

Baca Juga: Varian Omicron Masuk ke Depok, Idris: Tolong Dibantu Pak Lurah, Pak Camat

"Agar kompetensi tukang bangunan diakui dan dapat bersaing dengan tukang negara lain maka harus memiliki sertifikasi," kata Menaker saat menerima audiensi Dewan Pertukangan Nasional Perkumpulan Tukang Bangunan Indonesia (DPN Perkasa) di kantornya di Kementerian Ketenagakerjaan, dikutip dari Suara.com.

Menaker Ida Fauziah. Dirinya mendorong adanya sertifikasi kepada tukang bangunan. (Foto: Hops.id)

Menaker pun mendorong DPN Perkasa berkoordinasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) agar tukang bangunan segera memiliki sertifikasi.

"Jadi saran saya kepada teman-teman agar menjalin komunikasi dengan BNSP," ucapnya.

Lebih lanjut Menaker menyampaikan bahwa tukang bangunan yang ada di daerah dapat memanfaatkan keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) dengan kejuruan konstruksi untuk meningkatkan kompetensinya (up skilling).

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fantastis! Selembar Komik Spider-Man Laku Rp48 Miliar

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:08 WIB
X