Walah.. Utang Indonesia Tembus Rp6.000 Triliun, Sri Mulyani Yakin Bisa Bayar, Asal..

- Kamis, 6 Januari 2022 | 11:15 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan RUU terkait dana abadi untuk pemerintah daerah (Istimewa)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan RUU terkait dana abadi untuk pemerintah daerah (Istimewa)

DepokToday - Walau terus bertambah secara signifikan pada tiap tahunnya, namun pemerintah Indonesia memastikan jika utang Indonesia saat ini masih bisa dibayarkan secara lunas. 

Perlu diketahui, saat ini utang Indonesia telah mencapai Rp6.000 triliun. Pembayaran hutang bisa dilakukan kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati asalkan sejumlah indikator terpenuhi.

Indikator semisal, pertumbuhan ekonomi yang bagus, serta Sumber Daya Manusia atau SDM yang berkualitas dapat dipenuhi menjadi beberapa syarat yang menurut  Sri Mulyani menjadi keyakinan dirinya jika utang Indonesia yang berjumlah ribuan triliun itu bisa terbayar.

Baca Juga: Meski Sudah Ditetapkan Tersangka, Partai Golkar Depok Ogah Pecat Kadernya, Ini Alasannya

"Kalau belanja bagus, jadi infrastruktur bagus, SDM berkualitas buat Indonesia, ekonomi tumbuh pasti bisa bayar lagi utangnya. Termasuk SBSN pasti kita bisa bayar Insyaallah kembali dengan aman,"ungkap Sri Mulyani dikutip dari Suara.com pada Kamis 6 Januari 2022.

Sri Mulyani mengatakan negara utang karena sedang membutuhkan seperti untuk membangun fasilitas, bantuan sosial, subsidi hingga membayar gaji pegawai negeri.

"Jadi sering yang dengar dari headline utang negara sudah Rp6.000 apakah sudah aman? Dan tidak pernah liat neraca seluruhnya. Ada pendapatan, belanja operasi yang dinikmati masyarakat, bansos, subsidi, belanja barang, ada dalam bentuk gaji pegawai negeri," katanya.

Baca Juga: Banyak Tentara China Gangguan Jiwa Akibat Tugas di Laut Natuna

Selama pandemi Covid-19, Sri Mulyani menyebut pemerintah menaikkan belanja untuk anggaran kesehatan, bantuan sosial, juga tunjangan bagi pegawai negeri dan TNI/Polri.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Tegaskan UMKM Jadi Prioritas BUMN

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X