Pemerintah Rem Darurat Ekspor Batubara, Indonesia Terancam Krisis Listrik

- Rabu, 5 Januari 2022 | 07:26 WIB
Ilustrasi batubara (Foto: Pixabay)
Ilustrasi batubara (Foto: Pixabay)

DepokToday -  Adanya kondisi kebutuhan batubara yang sulit dipenuhi karena semakin berkurang membuat Indonesia terancam krisis listrik. Bahkan, terjadinya defisit pasokan batu bara di pembangkit listrik membuat ketercukupan 15 hari tidak mampu dipenuhi. 

Kondisi kebutuhan batubara yang sulit dipenuhi hingga membuat Indonesia terancam krisis listrik membuat pemerintah mengambil keputusan untuk melakukan larangan terhadap ekspor batubara. 

Rem darurat yang diambil selama sebulan, dari 1 Januari 2022 hingga 31 Januari 2022 ini menjadi cara yang dinilai pemerintah mampu meredakan krisis kebutuhan batubara.

Baca Juga: Masih Terpapar Corona Walau Sudah Divaksin Covid-19, Begini Penjelasan Ahli

“Keputusan pemerintah yang bahkan harus menarik rem darurat dengan menghentikan secara total ekspor batubara guna menjamin pasokan kebutuhan batubara domestik menunjukkan bahwa kondisi ketahanan energi kita benar-benar tidak aman dan di ambang krisis,” ujar Andri Prasetiyo peneliti Trend Asia, dilansir dari Suara.com pada Rabu 5 Januari 2022.

Masalah pasokan batubara PLN disebabkan karena perusahaan-perusahaan tidak taat memenuhi ketentuan wajib pasok dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO).

Puncak persoalan yang terjadi saat ini sejatinya dapat diprediksi dan seharusnya dapat diantisipasi sejak awal. Sejak pertengahan 2021, ketika harga batubara global mulai melambung, pemerintah sudah menyoroti praktik ketidakpatuhan DMO.

Baca Juga: Universitas Indonesia Belum Putuskan PTM 100 Persen Dilaksanakan Tahun Ini

Hingga akhirnya muncul surat keputusan pelarangan ekspor terhadap 34 perusahaan. Praktik sanksi tersebut nyatanya juga tidak mampu memberikan efek jera dalam mendorong kepatuhan.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Tegaskan UMKM Jadi Prioritas BUMN

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X