Awal 2022 Menteri Keuangan Sri Mulyani Naikan Harga Rokok, Ini Rinciannya

- Senin, 3 Januari 2022 | 07:00 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan RUU terkait dana abadi untuk pemerintah daerah (Istimewa)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan RUU terkait dana abadi untuk pemerintah daerah (Istimewa)

DepokToday - Kenaikan sejumlah barang terjadi pada akhir 2021 lalu hingga awal 2022 ini. Bahkan secara resmi pada 1 Januari lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau yang biasa lebih dikenal sebagai cukai rokok.

Mengonsumsi rokok banyak dilakukan oleh orang Indonesia saat ini. Kebutuhan atas rokok juga cukup tinggi. Dengan terjadinya harga rokok yang naik yang mulai diberlakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani ini membuat perokok harus bersiap mengeluarkan kocek lebih. 

Namun, tarif harga rokok naik yang dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada tahun ini juga bisa menjadi pertanda bagi perokok untuk mulai berhenti mengonsumsinya. 

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Sadari Sejumlah Gejala Kanker Prostat ketika Buang Air Kecil Ini

Kenaikan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

"Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Kepala Kantor menetapkan kembali tarif cukai dan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2022," demikian peraturan menteri pasal 17, dikutip DepokToday dari Pikiran-rakyat.com, pada Senin 3 Januari 2022.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021, dicantumkan batas harga jual eceran dan tarif cukai per batang atau gram hasil tembakau.

Produk yang terkena sasaran kenaikan harga adalah Sigaret Kretek Mesin (SKM), Sigaret Kretek Tangan (SKT), Sigaret Putih Mesin (SPM), Sigaret Kretek Tangan Filter (SKTF), Sigaret Putih Tangan (SPT), Sigaret Putih Tangan Filter (SPTF), Sigaret Kelembak Kemenyan (KLM), Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

Berikut ini rincian harga rokok 2022:

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadirkan Harimau Asli, Iklan Gucci Dikritik

Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:20 WIB
X