PT KAI Daop 1 Jakarta Siap Kembalikan 100 Persen Tiket Perjalanan, Apabila Tidak Penuhi Persyaratan Ini

- Kamis, 30 Desember 2021 | 09:00 WIB
Masyarakat hendak menaiki kereta jarak jauh di Stasiun Senen. (Foto: Dok. Humas PT KAI Daop 1 Jakarta)
Masyarakat hendak menaiki kereta jarak jauh di Stasiun Senen. (Foto: Dok. Humas PT KAI Daop 1 Jakarta)

DepokToday – PT KAI Daop 1 Jakarta siap mengembalikan 100 persen tiket penumpang apabila tidak memenuhi persyaratan perjalanan jarak jauh yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam upaya memutus mata rantai COVID-19 dalam rangka masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, persyaratan perjalanan jarak jauh masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 telah ditentukan melalui SE Kementerian Perhubungan dan harus dipatuhi oleh seluruh penumpang kereta api.

“Pada masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 terdapat ketentuan baru yang tertuang dalam SE Kemenhub No 112 Tahun 2021 yang berlaku tanggal 24 Desember 2021 sd 2 Januari 2022,” kata Eva melalui keterangan resminya, Rabu 29 Desember 2021.

Baca Juga: Meriahkan Natal, KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan Manusia Salju di Stasiun

Eva mengatakan, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi penumpang kereta api diantaranya wajib vaksin dan menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang berangkat telah memenuhi persyaratan dan dalam kondisi sehat,” kata Eva.

Eva menambahkan, selain sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dari sisi berkas, penumpang juga akan diukur suhu tubuh saat pengecekan tiket. Jika suhu tubuh diatas 37,3 derajat maka penumpang tidak diizinkan berangkat meskipun berkas persyaratan vaksin dan pemeriksaan COVID-19 telah lengkap.

Baca Juga: Catat! PT Kereta Api Indonesia Ubah Jadwal Keberangkatan 12 KA Karena Reuni 212

“Calon penumpang yang tidak dapat memenuhi persyaratan terkait kondisi kesehatan dan kelengkapan vaksin maka perjalanan akan dibatalkan dengan penggantian biaya tiket 100 persen,” kata Eva.

Namun calon penumpang juga bisa melakukan perubahan jadwal sesuai ketersediaan tiket jika memerlukan waktu untuk memenuhi persyaratan seperti belum melakukan antigen atau PCR dan belum Vaksin dosis kedua untuk usia diatas 17 tahun.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadirkan Harimau Asli, Iklan Gucci Dikritik

Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:20 WIB
X