Bisnis Moncer UMKM Dikala Pandemi, Wali Kota Depok Janjikan Ini

Wali Kota Depok, Mohammad Idris bicara soal peluang UMKM di pagelaran Depok Virtual Expo 2021.(DepokToday.com)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris bicara soal peluang UMKM di pagelaran Depok Virtual Expo 2021.(DepokToday.com)

DepokToday- Pemerintah menargetkan kedepannya akan ada 60 juta pelaku UMKM untuk onboarding digital secara nasional, melalui program Bangga Buatan Indonesia. Salah satunya menyasar Kota Depok

Pemerintah menilai, pada masa pandemi COVID-19 saat ini, sektor ekonomi kreatif menjadi pemenang dengan melakukan adaptasi serta inovasi baru.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rizky Handayani menilai, hal itu dapat dilakukan dengan adanya dukungan pemerintah daerah.

“Depok Virtual Expo Ini merupakan salah satu contoh bagaimana pemerintah daerah mengembangkan UMKM dari hulu ke hilir, mulai dari pelatihan, pendampingan sampai kolaborasi dengan platform dagang online,” katanya saat menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut pada Selasa 24 Agustus 2021.

Baca Juga: Lagi PPKM Pelajar Malah Tawuran di Depok, Pak Polisi Tangkep Dong

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya telah memiliki sejumlah program yang berkaitan dengan UMKM.

“Pemerintah Kota Depok menaruh perhatian yang sangat besar bagi pelaku UMKM. Kami ingin menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan, serta meningkatkan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Salah satunya, lanjut Idris, adalah dengan meningkatkan keterampilan tenaga kerja dan mewujudkan 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha UMKM di Kota Depok.

“Sinergi antara pemerintah daerah, pusat dan juga portal belanja online sangat diperlukan untuk mewujudkan hal ini,” katanya.

Strategi Pemkot Genjot UMKM Depok

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) kian gencar melakukan berbagai inovasi guna mempercepat pemulihan ekonomi akibat dampak buruk pandemi COVID-19.

Salah satu yang saat ini digagas adalah menggelar Depok Virtual Expo 2021. Kegiatan ini melibatkan e-commerce, Tokopedia dan Shopee sebagai motor penggerak pemasaran produk para pelaku UMKM di kota ini.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menyebut, kegiatan itu dibuka mulai hari ini sampai dengan 5 September 2021. Ia mengungkapkan, ada sekira 350 UMKM yang akan meramaikan kegiatan itu.

“Mulai dari produk kuliner, fashion dan kerajinan, didominasi oleh produk kuliner,” katanya dikutip pada Selasa 24 Agustus 2021.

Fitriawan menjelaskan, tidak hanya bazar produk UMKM, gelaran Depok Virtual Expo 2021 juga diisi dengan beberapa kegiatan lain seperti klinik bisnis dengan menghadirkan mentor yang profesional. Kemudian ada kompetisi startup baru dengan total hadiah senilai Rp 5 juta. Baca selengkapnya di sini: Depok Virtual Expo, Strategi Jitu Pemerintah Bangkitkan Produk UMKM (rul/*)