Bisa Obati Pecandu Narkoba, Ini Manfaat Mandi Hujan untuk Kesehatan

Ilustrasi mandi hujan (Foto: Istimewa)
Ilustrasi mandi hujan (Foto: Istimewa)

DepokToday- Jika banyak orang menyarankan agar tidak mandi hujan karena bisa bikin sakit, namun menurut pendakwah sekaligus dokter, Zaidul Akbar justru sebaliknya. Bermain hujan bagus untuk kesehatan.

Melansir suara.com, Mandi hujan direkomendasikan dr. Zaidul karena sesuai dengan anjuran dalam Al-Quran dan perilaku yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

“Kalau kita baca dalam Al-quran, di situ Allah SWT katakan, hujan itu rahmat yang menghilangkan kesedihan dan menghilangkan kegalauan,” katanya dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip pada Senin 22 November 2021.

Baca Juga: Geger! Mantan Jenderal BAIS Jadi Korban Mafia Tanah Depok

Beberapa manfaat air hujan menurutnya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Lebih lanjut dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) itu mengatakan, ketika mandi hujan Nabi Muhammad selalu melakukannya dengan cara membuka tudung kepala.

Ini bertujuan agar air yang jatuh dari langit itu langsung menyentuh kulit kepalanya.

“Beliau buka semua penutup kepala, lalu beliau katakan ini rahmat dari Allah yang baru saja turun dari langit,” ucap dokter pencetus jurus sehat rasulullah (JSR) tersebut.

Baca Juga: Zaidul Akbar Sarankan Jangan Makan Ini: Cepat Tua dan Berpenyakit

Dokter Zaidul Akbar juga menerangkan, dinginnya air hujan efektif untuk menurunkan hipertensi. Ini karena saat seluruh tubuh terguyur hujan perlahan darah akan ikut mengalir perlahan karena merasa rileks, dan meringankan kinerja otot jantung.

Mandi Hujan Bisa untuk Obati Pecandu Narkoba

Bahkan, kata dia, beberapa temannya yang juga terapis orang dengan gangguan mental seperti skizofrenia dan orang dengan kecanduan narkotika, menjadikan mandi hujan sebagai salah satu cara untuk mengobati pasien.

“Makanya sebenarnya kalau ada kesempatan hujan-hujanan, justru jangan pakai payung,” katanya. (rul/*)