Bioskop di Depok Kembali Buka, Ini Aturan dan Syarat Bagi Pengunjung

PPKM Darurat. Sejumlah pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan saat masuk ke Margo City (DepokToday.com)
PPKM Darurat. Sejumlah pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan saat masuk ke Margo City (DepokToday.com)

DepokToday – Sejumlah bioskop yang ada di Kota Depok menyatakan kembali dibuka. Semisal bioskop di pusat perbelanjaan Margo City.

Marketing Communication Margo City Shinta Nawang Wulan menyebutkan, bioskop yang ada di pusat perbelanjaan telah dibuka pada Jumat 17 September 2021.

“Jam 12 siang sudah dibuka (Jumat 17 September 2021), dan memang pengumumnya telah kita berikan juga media sosial,” sebut dia dikutip Minggu 19 September 2021.

Di sisi lain, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana menyebutkan, jika pembukaan bioskop itu telah boleh dilaksanakan namu, harus mentaati sejumlah aturan.

“Secara inmendagrai aturan diperkenankan, tapi dengan prokes dan memperhatinkan dari pengaturan dari kementrian pariwisata mengacu ke kementrian pariwisata ekonomi kreatif,” papar Dadang.

Menurut dia, tempat pemutaran sinema ini hanya bisa didatangi pengunjung berusia di bawah 12 tahun, dan hanya dapat menampung 50 persen dari kapasitas bioskop, dan harus memakai aplikasi pedulilindungi.

“Jadi 50 persen kapasitas dengan aplikasi pedulilindungi usia di bawah 12 tahun tidak diperkenankan, tidak boleh menjual makanan di area bioskop, lalu prokesnya ditentukan kementrian pariwisata ekonomi kreatif dan juga daftar perusahaan yang boleh beroperasi ditentukan oleh kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif,” sebut dia.

Pengunjung pemutaran sinema sambung dia, bisa didatangi pengunjung berusia di atas 12 tahun, dan hanya dapat menampung 50 persen dari kapasitas bioskop.

Selain itu, mereka yang datang untuk menonton di sejumlah lokasi pemutaran sinema harus menjalani proses screening oleh aplikasi pedulilindungi.

Baca Juga: Cegah Sedini Mungkin, Kenali 7 Ciri-ciri Gejala Penyakit Ginjal

“Jadi 50 persen kapasitas dengan aplikasi pedulilindungi usia di bawah 12 tahun tidak diperkenankan, tidak boleh menjual makanan di area bioskop. Lalu prokesnya ditentukan kementrian pariwisata ekonomi kreatif dan juga daftar perusahaan yang boleh beroperasi ditentukan oleh kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif,” papar dia.

Belum Ada Laporan Pengelola Bioskop di Depok

Dia menjelaskan, hingga kemarin, belum ada pengelola epmutaran sinema yang melaporkan satgas terkait operasional mereka.

“Sampai sekarang belum ada, karena mungkin kan Inmendagri baru kemarin kan ya, dan juga kementerian pariwasata harus menyiapkan regulasi. Biasanya harus persiapan dulu, jadi sisi personel pegawai kan, sarpras, prokes, sementara ini belum ada,” beber dia. (lala/*)