Bikin Haru, Prajurit Kodim Depok Rela Berisiko Demi Pasien Isoman

Kodim 0508/Depok (DepokToday.com)
Kodim 0508/Depok (DepokToday.com)

DEPOK- Komando Distrik Militer atau Kodim 0508 Depok, telah menyalurkan sejumlah paket obat untuk pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Bantuan tersebut dikirim dari Kesdam Jaya.

Perwira Seksi Operasional Kodim 0508 Depok, Mayor Arh Setiono mengungkapkan, bantuan yang diterima pada tahap awal ini sebanyak 300 paket obat dan vitamin.

“Nah paket obat dan vitamin ini dibagikan pada warga yang sedang isoman. Datanya kami dapat dari puskesmas atau lurah dan camat setempat,” katanya pada awak media, Kamis 22 Juli 2021.

Adapun mekanisme penyaluran, jelas Setiono, diserahkan pada sejumlah Babinsa yang ada di masing-masing Koramil. Dalam pelaksanaanya, TNI juga dibantu oleh Polri dan pihak kelurahan di masing-masing wilayah.

Seorang prajurit TNI dari Kodim 0508 Depok membawa obat-obatan dan vitamin untuk warga yang terpapar COVID-19 (DepokToday.com)
Seorang prajurit TNI  membawa obat-obatan dan vitamin untuk warga yang terpapar COVID-19 di Kota Depok. (DepokToday.com)

 

Seperti diketahui, instruksi ini merupakan arahan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pantauan DepokToday.com melaporkan, sejumlah personil Kodim 0508 Depok yang mendapat tugas itu pun langsung bergerak cepat.

Berbekal semangat dan amanah yang diemban, para prajurit Angkatan Darat ini pun rela mengantar langsung obat-obatan dan vitamin hingga ke rumah sejumlah pasien isoman di Kota Depok.

Mekanisme Penyaluran Obat dari Kodim 0508 Depok

Pemberian obat disesuaikan dengan informasi gejala pasien. Ada tiga jenis paket yang dibagikan. Pihak Puskesmas atau Dinkes juga memberikan informasi tentang jenis paket obat mana yang akan diberikan ke pasien isoman tersebut.

” Data yang dikeluarkan Dinkes Kota Depok sudah terdapat nama alamat kemudian hasil dari pemantauan atau keputusan dari masing-masing puskesmas. Ada paket satu sampai tiga tadi,” ucap Perwira Seksi Operasional Kodim 0508 Depok, Mayor Arh Setiono.

Prajurit TNI dari Kodim 0508 Depok menyalurkan obat untuk pasien COVID (DepokToday.com)
Prajurit TNI dari Kodim 0508 Depok menyalurkan obat untuk pasien COVID (DepokToday.com)

Dia memaparkan, paket satu diberikan kepada pasien tanpa gejala, sedang paket obat kedua diberikan kepada pasien isoman yang memiliki gejala batuk dan pilek.

“Untuk paket tiga, gejalanya selain flu, pilek, batu, disertai demam dan gangguan tenggorokan. Jumlahnya 300 paket,” tukas dia.

Baca selengkapnya di sini: Kedatangan 300 Paket Obat, Kodim 0508/Depok Siap Distribusikan ke Pasien Isoman, Begini Alurnya (rul/*)