Bikin Haru, PNJ Wisuda Ribuan Orang dengan Metode Online

Prosesi wisuda PNJ (Istimewa)

DEPOK– Politikenik Negeri Jakarta (PNJ) melakukan wisuda sebanyak 2.173 orang, pada Sabtu 24 Oktober 2020. Prosesi sakral itu sebagian besar diiikuti secara daring atau online. Ini dilakukan untuk menjaga protokol kesehatan ditengah pandemi COVID-19.

Direktur PNJ Zainal Nur Arifin mengungkapkan, rincian dari jumlah wisudawan itu yakni, terdiri dari 1.064 wisudawan dan 1.109 wisudawati. Jumlah itu, sudah termasuk wisudawan/wisudawati program kerja sama PNJ dengan industri dan perguruan tinggi, seperti PT Badak LNG, PT Solusi Bangun Indonesia, PT PLN, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk.

Kemudian, CCIT Universitas Indonesia, AKN Pekalongan, AKN Demak, STTJ, dan Politeknik Swadharma Jakarta.  Dari seluruh wisudawan ini, 257 orang (12 persen) di antaranya adalah wisudawan/wisudawati program kerja sama.

Zainal menyebut, sejak tahun 1984 hingga tahun 2020 tercatat, 3.216 lulusan program kerja sama. Sementara itu, hingga 24 Oktober 2020 sampai dengan hari ini, PNJ telah meluluskan 38.107 orang, terdiri dari 24.159 lulusan bidang rekayasa dan 13.948 lulusan bidang tata niaga.

“Dengan penuh kebanggaan, kami menyampaikan pula tercatat 677 orang atau 31 persen dengan predikat cum laude.  Selamat kepada kalian dengan prestasi gemilang. Semoga kalian selalu sukses dan terus menjadi bintang,” katanya saat memimpin prosesi wisudawan yang berlangsung di Studio Trans Mart Cibubur.

Bagi PNJ, ucap Zainal, dapat mewisuda mahasiswa program diploma, program sarjana terapan, dan program magister terapan merupakan capaian dan prestasi, dari proses panjang pendidikan yang telah diberikan.

Bukan Akhir Perjuangan

Yang juga membanggakan, lanjut Zainal, rasio pendaftar dan yang diterima pada dekade tiga tahun terus meningkat. Jumlah pendaftar pada tahun 2020 adalah 34.128 orang, sementara yang diterima adalah 2.125 mahasiswa. Dengan demikian, rasio yang mendaftar dan yang diterima adalah  berbanding 16:1.

“Selama masa studi yang telah dijalani, tanpa kenal lelah, dan dengan disiplin tinggi, para wisudawan telah berhasil melalui berbagai tahapan, tantangan, dan ujian yang sangat berat hingga mencapai puncaknya dinyatakan lulus dan diwisuda.”

Zainal menambahkan. upacara wisuda ini bukanlah akhir perjuangan, melainkan merupakan langkah awal menuju kehidupan masa depan.

“Saya yakin, bekal yang saudara dapatkan selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta, sangat memadai untuk bekerja sesuai dengan bidang Saudara.”

Ia juga berharap, para lulusan PNJ dapat mendoakan  agar perguruan tinggi ini semakin jaya dan berdaya saing internasional di usianya yang telah ke-38 tahun ini.

Pantauan Depoktoday dilokasi acara melaporkan, meski sebagian besar wisudawan mengikuti prosesi tersebut secara daring, namun hal itu tidak mengurangi rasa haru dan bangga mereka.

Suasana haru pun terlihat ketika proses pemindahan tali pada topi toga itu dilakukan oleh keluarga masing-masing wisdawan yang diabadikan melalui video live streaming. (rul/*)