Bikin Gugup Prajurit Kopassus, Jenderal Mulyono Rela Buang Pangkat

Mantan KSAD, Jenderal (purn) Mulyono tengah pegang mikrofon (Foto: Instagram)
Mantan KSAD, Jenderal (purn) Mulyono tengah pegang mikrofon (Foto: Instagram)

DepokToday- Mantan KSAD Jenderal (purn) Mulyono, adalalah salah satu eks petinggi TNI yang dikenal tegas namun sangat bersahaja dan ramah terhadap anak buah. Bahkan, pada satu momen ia tak segan-segan membuang pangkat bintang empat yang kala itu melekat diseragam dinasnya agar lebih dekat dengan prajurit.

Momen tersebut terjadi saat ia masih aktif sebagai KSAD dan mendatangi prajurit Kopassus pada tahun 2017, silam. Peristiwa itu diposting akun media sosial Instagram tnipolri_lovers dan dikutip DepokToday.com pada Selasa 16 November 2021.

Baca Juga: Kepala Korps Brimob Bakal Dijabat Bintang Tiga, Kapolri: Tugas dan Tanggungjawabnya Semakin Berat

Dalam video terlihat, Mulyono meminta tiga prajurit Kopassus untuk berdiri dan merangkul dirinya. Itu ia lakukan untuk membakar semangat pasukan, sekaligus agar mereka tidak merasa takut, bahkan meski di depannya sekalipun.

“Jadi tidak boleh. Anda jangan lihat saya bintang empat rentet-rentet. Dikiri empat, kanan empat, dibaret empat, berapa tuh 12. Di mobil empat, jadi 24, minta satu dong,” kata Jenderal Mulyono disambut tawa sejumlah prajurit disekitarnya.

“Yang kolonel-kolonel pasti bilang, minta satu dong Pak KSAD,” sambungnya sambil tertawa.

Baca Juga: Ketika Eks Brimob Nusantara Bikin Anak Yatim Depok Sumringah

Kemudian, ia meminta tiga prajurit Kopassus untuk berdiri sejajar dengannya secara rapat dan merangkul dirinya. Dalam video itu pun terlihat, Mulyono sampai mengangkat salah seorang prajurit pasukan khusus tersebut, karena mereka tampak gugup.

“Ngapain grogi? Tidak usah. KSAD juga makan nasi, bukan beling,” candanya pada sejumlah prajurit.

Jenderal Mulyono Buang Pangkat

Untuk mencairkan suasana, Jenderal TNI AD asal Boyolali itu sampai membuang pangkat yang melekat diseragamnya dan tiga prajurit itu.

“Ya, aku yakin kau lihatnya seperti itu. Ngerih kali. Prada apa sih Prada. Apa ini Prada, ini buang, buang, (pangkatku) buang. Mana nggak ada pangkatnya yah,” katanya sambil memperlihatkan seragam yang dikenakannya.

Baca Juga: Pesan Wali Kota Depok, Ini Tiga Aspek Penting dalam Penanganan Bencana

Melihat Mulyono membuang pangkatnya, ketiga prajurit Kopassus ini dengan sigap langsung mengambilnya, diiringi teriakan komando.

Sontak sikap bersahaja Jenderal Mulyono membuat para prajurit baret merah ini menaruh hormat. Mereka lantas bertepuk tangan, dan makin mengagumi sosoknya. (rul/*)