Bikin Geger, Kapal Selam Siluman Milik China Muncul di Balik Feri

Geger rekaman kapal selam siluman China ngumpet di balik kapal Feri. Foto: Istimewa
Geger rekaman kapal selam siluman China ngumpet di balik kapal Feri. Foto: Istimewa

JAKARTA- Jagad dunia maya mendadak heboh dengan video rekaman yang menunjukan potret kapal selam siluman China mengendap-endap di balik kapal jenis Feri.

Hal itu menjadi sorotan duia militer internasional lantaran kapal perang tersebut belum pernah muncul sama sekali, bahkan informasinya sendiri juga masih sangat minim.

Dirilis dari Hops.id, jaringan DepokToday.com, berdasarkan laporan dari berbagai sumber, kapal selam siluman milik marinir China itu sangat mirip dengan tipe 039 yang baru saja diproduksi beberapa waktu lalu.

Walaupun terekam dan muncul di sebuah perairan, tidak diketahui lebih lanjut di mana lokasinya. Pada keterangan media sosial itu tertulis, seorang Analis Pertahanan Kapal Selam, rekaman itu menunjukkan kapal tersebut keluaran terbaru sejenis Type-039A ‘Yuan’.

“Kapal selam milik militer China itu terekam muncul di sebuah perairan yang tidak diketahui lokasinya. Kapal ini mirip dengan tipe 039 kelas song yang pernah diproduksi China sebelumnya,” dikutip pada Senin 21 Juni 2021.

Misteri Kapal Siluman China

Terlihat dalam video yang beredar, kapal selam misterius itu seperti sedang dipindahkan melalui sungai.

Kemungkinan besar kapal siluman andalan Angkatan Laut (AL) China itu bakal dibawa ke lokasi peluncuran yang terdapat di Wuhan.

Pihkanya memprediksi, Kapal Selam kelas Yuan tipe 039 itu bakal dipindahkan ke hilir untuk digarap dan melakukan serangkaian uji coba.

Pengamat kapal selam itu juga memprediksi, bakal ada sistem komunikasi canggih yang disematkan dengan memanfaatkan sonar.

“Pemikiran saya saat ini adalah bahwa desain layar baru kemungkinan besar berhubungan dengan sonar atau sistem komunikasi. Kurang jelas dari layar baru, tampaknya juga ada sonar array ditarik kawat tipis (TAS) di kemudi atas, peningkatan besar,” tuturnya.

 Geger rekaman kapal siluman China ngumpet di balik kapal Feri. Foto: Istimewa
Geger rekaman kapal siluman China ngumpet di balik kapal Feri. Foto: Istimewa

Kapal selam yang masih misterius ini diduga kuat memiliki kemampuan siluman yang jauh lebih baik dari kapal-kapal selam bertenaga nuklir yang ada saat ini. Hal itu lantaran kapal selam China tipe terbaru 039 ini nyaris tak mengeluarkan suara.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, memang beredar ada kabar tentang upaya militer China untuk mengembangkan kapal selam tipe 39 menjadi 039C dan 039D.

Sesuai rencana dan rumor yang beredar, kapal selam baru itu akan aktif melayani militer China pada tahun 2030 mendatang.

TNI Bakal Miliki 8 Kapal Perang Canggih

Perusahaan multinasional Fincantieri mengumumkan bakal menyiapkan delapan kapal perang untuk Indonesia. Sejumlah kapal itu terdiri dari 6 fregat FREMM yang dimodernisasi dan 2 fregat Maestrale class.

Dilansir dari jakartagreater.com, Fincantieri, adalah salah satu grup pembuat kapal terpenting di dunia, dan Kementerian Pertahanan Indonesia, telah menandatangani kontrak untuk penyediaan 6 frigat kelas FREMM, modernisasi dan penjualan 2 frigat kelas Maestrale, dan dukungan logistik terkait.

Program FREMM (Fregate Europeenne Multi-Missions / FREMM) adalah proyek kerja sama industri Pertahanan Italia-Prancis untuk generasi baru fregat, yang memiliki garis dasar yang sama, tetapi berbeda dari satu negara ke negara lain sebagai fungsi dari persyaratan operasional yang berbeda. Baca selengkapnya di sini: Kenalin Nih, 8 Kapal Perang Canggih yang Bakal Dimiliki Indonesia (rul/*)