Biar Nggak Bingung Lagi, Ini Arti Warna Marka di Jalan Tol

Marka jalan tol. (Foto: Gridoto.com)
Marka jalan tol. (Foto: Gridoto.com)

DepokToday – Jalan tol hadir salah satunya untuk membuat solusi mengurangi kemacetan di jalan raya. Selain itu, keberadaan jalan tol juga membuat waktu tempuh ke tujuan lebih cepat jika dibandingkan jika melewati jalan biasanya.

Jalan bebas hambatan ini juga dilengkapi dengan sejumlah marka jalan atau penunjuk jalan sebagai penunjuk berkendara. Mengutip dari gridoto, rambu penunjuk arah jalan tol memiliki latar dengan warna yang berbeda-beda, seperti hijau atau biru dengan tulisan berwarna putih.

Perbedaan warna dasar ini dibuat bukan tanpa tujuan, melainkan memiliki arti masing-masing untuk memudahkan para pengguna jalan bebas hambatan ini.

Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) mengungkapkan, warna hijau memiliki makna penunjuk dari lokasi.

Tujuannya agar pengguna jalan bebas hambatan bisa memilih, antara mau melintasi jalur tersebut atau tidak.

Baca Juga: Makin Mendunia, Kini Jepang Pesan Petai dan Jengkol 4 Ton

“Hijau merupakan rambu penunjuk, sebagai penunjuk dari lokasi atau batas wilayah yang akan dituju,” sebut dia.

Kemudian, Heru menjelaskan untuk latar rambu penunjuk warna biru memiliki arti perintah kepada pengguna jalan bebas hambatan.

“Biru merupakan rambu perintah, berarti kamu (pengguna jalan tol) harus berada di lajur atau jalur yang ditunjukkan untuk menuju suatu wilayah,” sambungnya.

Selain kedua warna di atas, sebenarnya ada papan penunjuk arah berlatar warna cokelat yang digunakan untuk menunjukkan jalan menuju lokasi wisata. (lala/*)