Besok Pilkades se-Kabupaten Bogor, Polisi Depok Siap Jaga Kamtibmas

Aparat keamanan dari TNI dan Polri serta pihak yang terlibat dalam ajang Pilkades se-Kabupaten Bogor, foto bersama usai melaksanakan apel kesiapan pengamanan di Bambu Kuning, Bojonggede, Sabtu (2/11/2019). (Foto: Istimewa)

BOJONGGEDE-Aparat Mapolresta Depok menggelar apel pasukan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) se-Kabupaten Bogor di kawasan Bambu Kuning, Desa Bojongbaru, Kecamatan Bojonggede, Sabtu (2/11/2019). Pilkades se-Kabupaten Bogor akan berlangsung besok (Minggu, 3/11/2019).

Dalam sambutannya, Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah, menitipkan tiga hal penting terkait tupoksi aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Tidak mentolelir sekecil apapun gangguan kamtibmas, tidak boleh ada celah gangguan kamtibmas sedikit pun. Kemudian harus cepat direspon karena keamanan bukan sekadar anugerah, namun juga harus kita upayakan,” tegas AKBP Azis.

Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah, ketika mengecek personel keamanan. (Foto: Istimewa)

Untuk itu, pihaknya menggelar apel ini dengan tujuan mengetahui kesiapan personel, mengetahui kesiapan sarana dan prasarana personel, serta mengetahui pemahaman tugas masing-masing personel keamanan.

AKBP Azis membeberkan, sebanyak 582 personel kemanan diturunkan untuk mengawal pesta demokrasi di pedesaan itu.

“Total kuat personel pengamanan Pilkades serentak 2019 sebanyak 582 personel terdiri dari PAM TPS 200 personel, TNI (Kodim 0508/Depok) 100 personel, PAM Penebalan Pasukan 78 personel, PAM tindak Gakkum Reskrim 38 personel dan Brimob 100 personel,” bebernya.

Selain itu, aparat keamanan juga mendapat tim bantuan dari Satpol PP, Tim Monitoring Kecamatan, Linmas, Pokdar Kamtibmas, Pemadam Kebakaran, medis (2 ambulans) dan tenaga kesehatan dari puskesmas.

Apel yang berlangsung sekira 1 jam itu turut dihadiri oleh Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf.Agus Isro Mikroj, Waka Polresta Depok, AKBP Arya Perdana, Ketua MUI Kecamatan Bojonggede, KH. Jejen Jaelani, Camat Bojonggede, J. Dace Hatomi, Camat Tajurhalang, Fikri Ikhsani, Danramil 04/Bojonggede, Kapten Chk Edy Sugiharto.

Kemudian hadir pula para Kabag PolrestaDepok, para Kasat Polresta Depok, para kapolsek jajaran Mapolresta Depok-termasuk Kapolsek Bojonggede, Kompol Supriyadi-, dan para Danramil jajaran Kodim 0508/Depok.

Pengamanan 11 Desa

Keterlibatan polisi Depok di ajang Pilkades Kabupaten Bogor ini lantaran dari 273 desa, 11 desa di antaranya masuk ke dalam wilayah pihak keamanan Polresta Depok.

“Pilkades yang akan dilakukan di 273 desa itu akan melibatkan semua pihak. Uniknya, dari 273 desa terdapat 11 desa yang masuk wilayah Kota Depok,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (22/10/2019).

“Karena itu, keamanan pilkades akan dikawal oleh pihak Kepolisian dan TNI dari dua wilayah. Jadi kita ini ada desa di Kecamatan Bojong Gede dan Tajur Halang itu masih wilayah hukumnya di Polresta Depok,” Ade menambahkan.

Pilkades serentak di Kabupaten Bogor ini diikuti sebanyak 1.064 calon kades. Para kandidat juga telah menyepakati pilkades akan berlangsung aman.(rul)