Besok, Penentuan Lawan Timnas Indonesia di Play-off Piala Asia 2023

Trofi Piala Asia.(Foto: AFC)
Trofi Piala Asia.(Foto: AFC)

KUALA LUMPUR—Timnas sepak bola Indonesia akan menemukan siapa lawan tanding mereka di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis 24 Juni 2021.

Lawan Indonesia baru dapat diketahui saat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melakukan pengundian play-off di Kuala Lumpur, Malaysia, besok sore pukul 15:00 waktu setempat.

Adapun tim yang bakal diundi pada babak tersebut selain Indonesia, ada pula Kamboja, Cina Taipei, dan Guam.

Indonesia, Kamboja, Cina Taipei, dan Guam, akan dibagi menjadi dua pertandingan dengan sistem pertandingan kandang dan tandang pada 7 September dan 12 Oktober 2021.

Dua pemenang pertandingan tersebut akan bergabung dengan 22 tim lainnya yang sudah lolos ke babak final Kualifikasi Piala Asia AFC Cina 2023. DIBACA JUGA: Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Harus Lewati Dulu Babak Play-off

Ke-22 tim yang lolos ke babak final Kualifikasi Piala Asia 2023 merupakan tiga tim peringkat kedua terendah, delapan tim peringkat ketiga dan keempat dari Grup A hingga H, serta tiga tim peringkat kelima terbaik.

22 dari 24 tim akan bertanding di babak final kualifikasi Piala Asia Cina 2023, sedangkan empat tim lainnya termasuk Indonesia harus tanding melalui babak play-off terlebih dahulu.(Foto: Twitter AFC)
22 dari 24 tim akan bertanding di babak final kualifikasi Piala Asia Cina 2023, sedangkan empat tim lainnya termasuk Indonesia harus tanding melalui babak play-off terlebih dahulu.(Foto: Twitter AFC)

Berikut ini 22 tim yang telah lolos ke babak final Kualifikasi Piala Asia Cina 2023, berdasarkan posisi akhir mereka di klasemen babak kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 Zona Asia:

Tajikistan, Uzbekistan, dan Kuwait (tiga tim peringkat kedua terendah atau peringkat 14 sampai 16).

Bahrain, Turkmenistan, Yordania, Palestina, Malaysia, Filipina, Republik Kirgistan, dan India (delapan tim peringkat ketiga dari Grup A hingga H atau peringkat 17 sampai 24).

Thailand, Singapura, Mongolia, Afghanistan, Hong Kong, Maladewa, Sri Lanka, dan Nepal (delapan tim peringkat keempat dari Grup A hingga H).

Cina Taipei atau Guam?

Indonesia harus berjuang keras untuk tampil di Piala Asia Cina 2023 melalui dua tahap, play-off dan kualifikasi.

Sebelum masuk ke babak kualifikasi, Indonesia akan bertarung di babak play-off bersama Kamboja, Cina Taipei, dan Guam.

DIBACA JUGA: Cina Taipei atau Guam, Lawan Indonesia di Play-off Piala Asia 2023

Informasi yang didapat, Indonesia dan Kamboja masuk dalam pot 1, sedangkan Cina Taipei dan Guam berada di pot 2 dalam pengundian pertandingan.

Skuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.(Foto: PSSI)
Skuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.(Foto: PSSI)

Dengan komposisi pot undian itu, kemungkinan Indonesia menghadapi Cina Taipei bisa juga Guam di babak play-off.

Namun untuk mengetahui pasti siapa lawan Indonesia sebenarnya, harus menunggu hasil undian yang dilakukan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada besok sore.

(tdr/*)