Besok Mulai Salat Jumat Berjemaah Lagi, Permintaan Khotib Meningkat

Ketua Umum Ikatan Khotib Indonesia (IKHI), KH. M. Nur Sholeh Effendi Alhafidz.(DepokToday/Ahi)

KALIMULYA-Selama masa Pandemi Covid-19 kegiatan ibadah dan kerja dilakukan di rumah. Namun, dengan memasuki masa menuju New Normal, pelaksanaan Salat Jumat berjemaah di masjid akan diselenggarakan.

Ketua Umum Ikatan Khotib Indonesia (IKHI), KH. M. Nur Sholeh Effendi Alhafidz menyambut baik diperbolehkannya Salat Jumat (5/5/2020) besok.

“Di masa Pandemi Covid-19 ini seluruh aktivitas para Khotib (penyampai materi khutbah-red) salat Jumat terhenti. Saya dapat laporan dari pengurus DKM masjid di berbagai tempat meminta disediakan petugas Khotib,” ujarnya seusai acara Halal Bi Halal IKHI di Kalimulya, Cilodong, Kamis (4/5/2020).

Menurutnya, para Khotib agar terus menjalankan dakwahnya dalam kondisi apapun. Meski begitu, dirinya menyadari dengan adanya wabah virus Corona juga berdampak bagi para Khotib yang biasa berdakwah di atas mimbar.

Untuk itu, IKHI juga memberikan pembekalan peningkatan SDM agar memiliki side job yang bisa memberikan income.

“Kalau terkait materi, sesuai dengan Al-Qur’an agar setelah Ramadan mengagungkan Allah SWT. Pelajaran berharga dengan adanya wabah ini kita dianjurkan agar bertakwa kepada Allah. Terlebih lagi, orang Islam agar senantiasa memperjuangkan agama dan menjalankan syari’at Islam,” harapnya.

Hal senada diutarakan Sekjen IKHI, Ustaz Nisin Mursani. Menurutnya, salah satu visi organisasinya adalah ingin menyamaratakan dalam masjid satu tema. Terlebih lagi, lanjutnya, tema yang sedang kita viral kan, kondisi saat ramai tetap tidak lepas dari iman dan takwa.

“IKHI saat ini sudah ada di se-Jabodetabek. Selain pemberdayaan Khotib dengan mengirimkan ke berbagai tempat untuk bertugas, juga menjalankan kegiatan sosial. Diantaranya: santunan bagi anak yatim, pemberian bingkisan bagi para Khotib dan lainnya. Secara internal juga ada pembuatan kartu anggota,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut nampak hadir Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna. Dalam sambutannya, dia merasa gembira dengan datangnya kebolehan Salat Jumat berjemaah.

“Kita sudah kangen dengan adanya sholat Jumat bersama. Tentunya, dengan SOP penanggulangan Covid-19,” tandasnya di hadapan para Khotib dan ustadz.

Berdasarkan data Dewan Masjid Indonesia (DMI) saat ini sebanyak 800 ribu masjid atau mushola di Indonesia. Sedangkan di Depok 1000 lebih masjid telah berdiri di Kota Belimbing ini.

(ahi)