Berlaku 2 Minggu, Ini Jam dan Lokasi Operasi Zebra 2021 di Kota Depok

Sosialisasi Operasi Patuh Jaya 2020 di Depok (DepokToday.com)
Sosialisasi Operasi Patuh Jaya 2020 di Depok (DepokToday.com)

DepokToday- Jajaran Polda Metro Jaya mulai hari ini secara serentak menggelar Operasi Zebra sampai dengan 28 November 2021. Adapun sasaran dari operasi tersebut di antaranya, lampu strobo yang tidak sesuai peruntukannya, knalpot bising tidak sesuai pabrikan, dan lain-lain.

Di Kota Depok sendiri, operasi tersebut akan berlangsung secara acak di sejumlah titik yang dianggap rawan terjadinya pelanggaran.

“Operasi Zebra ini dilaksanakan mulai hari ini. Tentunya kita  harapkan tujuannya bisa mengurangi atau mengendalikan penyebaran COVID-19,” kata Kasat Lantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Jhoni Eka Putra, Senin 15 November 2021.

Baca Juga: Dalil Hukum Gangguan Jiwa Dipusara Pidana

Selain lampu strobo yang tidak sesuai dengan peruntukannya, polisi juga mengincar pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot bising tidak sesuai pabrikan.

Lantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Jhoni Eka Putra soal Operasi Zebra (DepokToday.com)
Lantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Jhoni Eka Putra soal Operasi Zebra (DepokToday.com)

Kemudian, petugas juga akan menindak pelanggaran lainnya, terutama soal kelengkapan surat-surat berkendara dan kelengkapan berkendara lainnya.

“Tentunya kita laksanakan operasi ini secara mobile. Kalau misalnya terlihat pelanggaran secara kasat mata, maka kita lakukan penindakan dengan cara penilangan dengan tetap mengedepankan cara yang humanis, edukatif, dan persuasif. Kita harapkan masyarakat bisa tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Ini Waktu Operasi Zebra

Lebih lanjut Jhoni mengaku, Operasi Zebra ini berlaku secara acak dan tidak ditentukan kapan jamnya.

“Yang jelas jamnya 24 jam, kalo anggota temukan secara kasat mata pelanggaran, maka kita lakukan penindakan. Agar tidak menimbulkan kerumunan tidak ada razia secara besar-besaran, tapi kita lakukan secara mobile sampai 28 november,” tuturnya.

Baca Juga: Nekat Cium Ular Besar, Pemuda Ini Malah Disosor Duluan, Endingnya Lemes

“Kemudian mengimbau masyarakat dengan memasang spanduk, sosialisasi lewat media,” sambungnya. (rul/*)