Berkas Pembunuhan Anggota TNI Diteliti Jaksa, Tersangka Segera Disidang

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar memperlihatkan barang bukti kejahatan pelaku pembunuhan yang menewaskan seorang anggota TNI (DepokToday.com)

DepokToday – Berkas perkara tindak pidana pembunuhan kepada seorang anggota TNI bernama Sertu Yorhan Lopo pada 22 September silam telah masuk ke Kejari Kota Depok. Saat ini berkas tersebut telah diteliti oleh kejaksaan.

Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok  Andi Rio Rahmat Rahmatu, menjelaskan, berkas sampai ke Kejari Depok pada Kamis 28 Oktober 2021.

“Pelimpahan berkas perkara tahap pertama atas nama tersangka Ivan Victor Dethan alias Ivan (28) diserahkan dengan surat pengantar Nomor: B/6529/X/RES.1.7/2021/Reskrim tanggal 28 Oktober 2021 yang diterima di Kantor Pelayanan terpadu satu Pintu Kejaksaan Negeri Depok pada Kamis 28 Oktober 2021,” jelas Rio.

Dia menjelaskan, setelah menerima pelimpahan berkas perkara pembunuhan anggota TNI tahap satu tersebut, berkas perkara langsung dilakukan penelitian oleh Jaksa Peneliti (Jaksa P-16) Alfa Dera dan Adhi Prasetya  sebagai jaksa ditunjuk untuk menentukan apakah berkas perkara tersebut dinyatakan lengkap atau belum secara formil maupun materiil.

Rio menyatakan, berkas perkara ini langsung dilakukan penelitian atau melaksanakan proses pra penuntutan. “Jika dalam proses penelitian dirasa perlu memberikan petunjuk kepada Penyidik guna kelengkapan berkas perkara untuk memenuhi kekurangan formil atau materil atas berkas perkara yang dikirim Penyidik,” sebut dia.

Baca Juga: Musim Penghujan, Penyakit DBD Menghantui, Begini Cara Antisipasinya

Namun, apabila berkas kasus pembunuhan anggota TNI yang diterima Jaksa Peneliti telah lengkap maka Jaksa akan menyatakan P21 atau lengkap dan meminta penyidik untuk menyerahkan tersangka dan barang bukti untuk dapat dilakukan persidangan.

Sebagai informasi, seorang prajurit TNI tewas dibunuh di kawasan Patoembak, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok. Belakangan diketahui, korban ternyata berniat ingin melerai perkelahian.

Nasib nahas itu dialami Sertu Yorhan Lopo dari Satuan Menzikon Pusziad. Prajurit TNI itu meninggal karena dikeroyok gerombolan pria yang ribut lantaran insiden motor di wilayah Cimanggis, Depok. (lala/*)